Berikut Khasiat Buah Gandaria Yang Belum Anda Ketahui

0
13

GadoGadoAsin.com – Buah gandaria atau dalam bahasa latinnya Bouea macrophylla merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Laos. Baik daun maupun buah dari buah gandaria ini, dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Daun muda dari tanaman buah gandaria dapat dimanfaatkan untuk lalapan. Sedangkan buahnya dapat dikonsumsi langsung, dibuat rujak, salad buah, ataupun lalapan. Tanaman yang memiliki buah menyerupai buah mangga ini dapat Anda temukan di sebagian pulau Jawa, Maluku, Papua, Kalimantan, dan pulau Sumatera. Manfaat buah gandaria yang dapat Anda rasakan yakni dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
buah gandaria

Kandungan nutrisi buah gandaria

Buah gandaria sangat kaya akan nutrisi sehingga buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Olahan yang bisa di buat dari buah ini selain untuk rujak, bisa juga di buat asinan, bahkan manfaat buah gandaria ini bisa dibuat olahan bumbu masakan. Kandungan yang kaya dari buah ini adalah air, vitamin C, dan seratnya. Buah gandaria diketahui mengandung minyak essensial.

Kandungan minyak esensial yang terkandung di dalam buah gandaria adalah golongan hidrokarbon terpena, dan senyawa yang mengandung oksigen seperti asam, alkohol, aldehid, ester dan keton. Senyawa metabolit sekunder yang terkandung di dalam jus buah gandaria adalah saponin dan fenolat, dan di dalam biji gandaria terdapat senyawa metabolit primer flavonoid antosianin. Selain itu, hampir semua bagian tanaman gandaria mengandung senyawa fenolat, seperti di kulit kayu, kayu, bunga, buah, biji, dan akar.

Kandungan senyawa yang terdapat pada buah gandaria memiliki manfaat dan khasiat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Beberapa khasiat dan manfaat buah gandaria antara lain sebagai berikut ;
1. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan serat dalam buah gandaria akan membuat tubuh merasa tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Serat juga membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dan merangsang pergerakan usus. Ini sekaligus mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan luka
Buah gandaria ternyata memiliki manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, ladies. Fungsi ini diperoleh dari kandungan protein dan vitamin C dalam buah. Nutrisi dalam buah gandaria ini dapat menjaga regenerasi dan peremajaan dari sel-sel tubuh. Regenerasi sel akan mempercepat waktu penyembuhan luka. Disamping itu buah gandaria juga membantu dalam metabolisme kolagen dan protein.

3. Menetralisir Racun
Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ kita. Fungsi air lainnya yang cukup penting adalah membantu mengatur suhu tubuh kita dengan proses keluarnya keringat. Hal itu baik untuk membersihkan kotoran dan racun tubuh. Selain itu air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorpsi lebih cepat. sehingga urin dapat mengeluarkan limbah tubuh dengan baik.

4. Mengobati Sariawan
Kurangnya vitamin C merupakan salah satu penyebab timbulnya sariawan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Buah gandaria merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah gandaria juga cukup banyak yaitu lebih dari 60 mg. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah gandaria juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda yang mengonsumsi buah gandaria secara rutin tidak mudah terserang penyakit.

5. Menjaga kesehatan mata
Terdapat salah satu nutrisi penting yang dapat ditemukan dalam buah gandaria, yaitu beta-karoten. Anda pasti sudah sering mendengar istilah beta-karoten. Beta-karoten sering sekali dikaitkan dengan kesehatan mata karena memang nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan indera penglihatan. Beta-karoten diperlukan oleh mata untuk menjaga kesehatan kornea mata sekaligus mengoptimalkan fungsi retina.

Itulah beberapa manfaat buah gandaria yang bisa Anda rasakan ketika Anda mengonsumsinya. Meski buah gandaria memiliki rasa sedikit asam, namun Anda bisa mengkonsumsi buah yang belum matang dengan cara diolah dalam bentuk lalapan maupun rujak.

Untuk buah gandaria yang sudah matang dapat Anda konsumsi secara langsung atau dapat juga Anda olah terlebih dahulu menjadi manisan. Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi buah dengan bentuknya yang bulat dan kecil tersebut, kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan