Tak Cuma Beracun, Buah Bintaro Juga Ada Manfaatnya Lho!

0
12

GadoGadoAsin.com – Apakah Anda tahu bahaya dan manfaat buah bintaro ? Jika belum, maka Anda harus berhati – hati, khususnya bagi Anda yang memiliki anak kecil. Kenapa dikatakan bahaya ? Karena buah ini termasuk tumbuhan yang mengandung racun. Buah Bintaro mengandung racun cerberrin yang sangat bersifat mematikan. Cerberrin juga bersifat racun kuat, jika tertelan menyebabkan denyut jantung berhenti. Di India racun itu dipakai untuk bunuh diri.Suku Dayak dan Banjar menggunakan racun ini untuk membunuh tikus, nyamuk, menangkap ikan dan dioleskan pada anak panah untuk berburu.
buah bintaro

Kandungan Buah Bintaro

Berdasarkan penelitian Faperta Institut Pertanian Bogor (IPB), buah bintaro terdiri atas 8% biji dan 92% daging buah. Bagian bijinya terbagi dalam cangkang 14% dan daging biji 86%. Biji Bintaro mengandung minyak antara 35-50% (bandingkan dengan biji jarak yang 14% dan kelapa sawit 20%). Semakin kering biji bintaro semakin banyak pula kandungan minyaknya. Minyak ini termasuk jenis minyak nonpangan, diantaranya asam palmitat 22,1%, asam stearat 6,9%, asam oleat 54,3%, dan asam linoleat 16,7%.

Walaupun hanya mengandung sejumlah minyak, buah binataro ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tertentu :
1. Bahan Bakar Alternatif
bahan bakar alternatif
Manfaat buah bintaro yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Menurut sebuah penelitian, buah bintaro menghasilkan minyak yang dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif. Minyak yang dihasilkan oleh buah yang satu ini juga mempunyai kelebihan dibanding dengan jenis bahan bakar lainnya. Hal ini disebabkan, karena buah bintaro memiliki bau, residu, dan asap yang terbilang aman.

2. Bahan Pembuatan Deodoran
bahan pembuat deodorant
Mungkin manfaat dari buah bintaro yang satu ini belum begitu familiar. Namun pada kenyataannya, buah beracun tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan deodoran.

3. Pengisur Tikus
pengusir tikus
Manfaat selanjutnya dari buah bintaro yaitu dapat dijadikan racun tikus, sebab buah ini mengandung racun cerberrin yang dapat merusak syaraf pusat otak tikus. Dengan penciuman yang tajam, maka tikus akan segera menjauh. Cara untuk menjadikan buah bintaro menjadi racun tikus pun cukup mudah. Yakni dengan meletakkan buah bintaro tersebut pada area yang biasa dilalui oleh tikus sehingga dengan sendirinya tikus itu akan pergi. Dengan begitu, kini Anda tidak perlu merasa takut lagi dengan gangguan tikus.

4. Racun pada Anak Panah
racun anak panah
Selain sebagai pengusir tikus dan bahan bakar alternatif, manfaat buah bintaro lainnya adalah untuk membunuh hewan buruan dengan menggunakan anak panah yang sudah diberikan racun dengan cara mengoleskannya ke anak panah dari buah bintaro tersebut.

5. Obat Luka
obat luka
Manfaat buah bintaro lainnya yaitu juga berfungsi sebagai obat luka. Bahkan, suku Muna yang berasal dari kecamatan Wakarumba Sulawesi Utara, biasa memanfaatkan cerbera odollam yang terkandung pada buah bintaro sebagai obat luka yang mampu menyembuhkan.

Selain buahnya, bagian lainnya seperti kayu dari tanaman bintaro ternyata juga dapat mengeluarkan racun ketika dibakar. Asap yang dikeluarkan dari pembakaran kayu bintaro tersebut akan menyebarkan racun tersebut. Berbagai manfaat dari buah bintaro tersebut hanya sebagian kecilnya, karena masih banyak manfaat lainnya buah bintaro bagi kehidupan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan