Inilah Manfaat Buah Bit Dengan Segudang Nutrisi yg Harus Anda Tau!

0
14

GadoGadoAsin.comBuah Bit adalah tanaman umbi-umbian berwarna ungu kemerahan yang bentuknya menyerupai kentang yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi yaitu dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun sangat banyak. Seperti yang sudah anda ketahui, buah bit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang terkandung dalam buah bit itu terdapat pada akar dan tangkainya. Selain itu, buah bit juga buah yang tergolong mahal. Meski mahal, Anda tidak boleh meremehkan manfaat buah bit untuk kesehatan.
buah bit
Manfaat buah bit bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Buah bit rendah lemak dan kalori, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan.

Manfaat Buah Bit

Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah bit, hal ini tentu membuat umbi yang sering kali disangka buah ini, memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Artikel ini akan menguraikan beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut :
1. Mencegah Hipertensi
Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang secara nyata sudah terbukti yaitu minum jus dari buah bit, guna menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan nitrat dalam buah bit sama seperti yang terdapat pada sayur berdaun hijau, yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan
Pola dan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan itu seperti diare, mual dan disentri. Masalah pencernaan itu bisa diatasi dengan meminum secara telaten dan rutin jus buah bit. Dikarenakan buah bit mengandung banyak serat yang bermanfaat dalam melarutkan makanan dan racun di dalam usus.

3. Baik bagi ibu hamil dan janin
Buah bit kaya akan folat. Kandungan zat yang satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi jumlah bit dalam ibu hamil tidak boleh terlalu banyak.

4. Terhindar Dari Anemia
Buah bit yang identik berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga buah bit ini juga sering dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Penyakit kekurangan darah atau anemia memang dapat menjangkiti siapa saja. Untuk penderita yang mengalami anemia bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah bit. Karena kandungan pada buah bit kaya akan zat besi. Zat besi bisa memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah sehingga dapat digunakan untuk menyuplai oksigen pada hemoglobin di dalam tubuh.

5. Mencegah kanker
Manfaat buah bit lainnya yaitu dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker. Hasil pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek ini kemungkinan diperoleh dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit. Selain itu, buah bit juga kaya akan vitamin C dan bisa berperan sebagai antioksidan buat tubuh. Zat antioksidan sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Itulah beberapa manfaat buah bit memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Bagaimana pun, mengonsumsi segala sesuatu memang nggak boleh berlebihan, termasuk dalam mengonsumsi buah bit dalam jumlah yang banyak. Sebab, terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, hal itu bisa merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal. Jadi, sebaiknya mengonsumsi buah bit sesuai dengan kebutuhan Anda saja ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan