Inilah Manfaat Blewah Yang Belum Anda Ketahui

0
19

GadoGadoAsin.com – Blewah adalah salah satu buah unik, karena umumnya hanya disajikan selama Ramadhan saja. Hebatnya, buah ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Buah ini sepintas mirip melon atau labu. Blewah juga mudah didapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara, contohnya Indonesia dan Malaysia.
blewah
Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain yaitu sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat buah blewah yang baik untuk tubuh Anda :

1. Baik untuk kesehatan kulit
Buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, labu dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit. Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Jadi dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan wajah dan kulit tetap awet muda.

2. Mencegah kanker
Buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak, seperti flavonoid seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

3. Melancarkan Pencernaan
Buah blewah merupakan buah yang sangat menghidrasi tubuh karena kandungan airnya yang melimpah. Blewah cukup baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. Selain itu, mengkonsumsi buah blewah juga bisa mengatasi gangguan pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Karena, buah blewah mempunyai kandungan vitamin A dan serat makanan yang terkandung dalam buah tersebut.

4. Menurunkan Kolesterol
Tingginya vitamin C dalam manfaat buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah, sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

5. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet
Pada 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung 60 kalori. Sedangkan kandungan air dan nutrisi pada blewah bagus untuk menurunkan bobot tubuh. Jika kita ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi pilihan tepat mengingat kalorinya yang rendah, namun manfaat kesehatannya tinggi secara keseluruhan.

Dengan menambahkan blewah ke dalam menu makanan dapat mencegah kekurangan nutrisi, siklus pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh rendah, serta tubuh jadi gampang lemah. Blewah juga diharapkan dapat membantu menyeimbangkan risiko tersebut dan memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat buah blewah yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Setiap buah tentunya mempunyai khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Blewah ini salah satunya buah yang harus anda coba. Tak hanya harganya yang murah, kandungan nutrisi didalamnya pun luar biasa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan