Dibalik Rasanya Yang Pahit, Inilah Manfaat Tersembunyi Buah Pinang Untuk Kesehatan

0
16

GadoGadoAsin.com – Buah pinang sudah akrab semenjak dulu sejak jaman nenek moyang.Pada umumnya buah pinang dipergunakan untuk nyirih (Jawa: nginang), yaitu buah pinang yang dikunyah bersama daun sirih dan kapur. Buah pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. Pelepah daun berbentuk tabung dengan panjang 80 cm, tangkai daun pendek, helaian daun panjangnya sampai 80 cm, anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi.
buah pinang
Meski berupa buah, pinang tidak pernah dikonsumsi secara langsung. Biasanya pinang dijadikan bahan dalam membuat jamu tradisional, dan pinang muda dapat dijadikan jus. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pinang. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, pinang juga dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kulit.

Kandungan Zat Buah Pinang

Zat yang terkandung didalam buah pinang seperti Arecoline yang merupakan sebuah ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Dulu, zat tersebut digunakan dalam bentuk arecolinum hydrobromicum yang berfungsi untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, dan anjing, sebelum ditemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, dan pyrantel pamoate.

Senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam biji pinang adalah Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline, dan Tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk mengencangkan gusi dan menghentikan perdarahan.

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

1. Menguatkan Gigi
Biasanya orang yang rutin menyirih akan memiliki gigi yang kuat. Hal tersebut dikarenakan adanya buah pinang yang dikunyah bersama sirih. Mengunyah buah pinang muda setiap hari akan membantu menjaga gigi tetap kuat dan sehat. Cukup mengiris buah tersebut lalu kunyah-kunyah pada setiap bagian gigi sehingga semua gigi berkesempatan mengunyahnya. Itulah mengapa orang zaman dahulu masih memiliki gigi yang lengkap meski usia sudah beranjak tua.

2. Mengobati kulit yang terluka
Jika Anda tidak sengaja terjatuh atau tergores sehingga meninggalkan luka. Anda bisa menggunakan buah pinang yang masih muda untuk mempercepat proses penyembuhan. Buah pinang yang sudah ditumbuk menjadi halus dapat dibalurkan pada bagian kulit yang terluka.

3. Menghaluskan Kulit
Buah pinang dapat dijadikan masker untuk menghaluskan kulit terutama kulit wajah. Caranya sediakan dua biji buah pinang yang sudah dikeringkan. Haluskan dengan digiling atau ditumbuk. Setelah halus tambahkan sedikit bubuk kunyit dan tuangkan air secukupnya. Aduk semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih.

4. Meningkatkan gairah pria
Bagi kaum pria yang merasa kurang bergairah saat bercinta, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi buah pinang muda. Buah ini memiliki senyawa yang mampu menstimuli hormon sehingga gairah seks meningkat.Anda bisa mengambil satu biji buah pinang yang masih muda dan belum terlalu keras, lalu potong kecil-kecil, kemudian kunyah dan telan. Cara lain, Anda dapat meminum air rebusan buah pinang dua jam sebelum melakukan hubungan seksual.

5. Mengobati Cacingan
Cacingan bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering menyerang anak-anak. Cacingan bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi sehingga orang yang cacingan biasanya kurus dan kurang bertenaga. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan buah pinang. Caranya, ambil seperempat buah pinang lalu rebus bersama setengah jari temulawak dan setengah jari kunyit yang digempleng. Biarkan mendidih lalu saring airnya. Minum air rebusan tersebut secara rutin untuk membasmi parasit cacing di dalam tubuh.

6. Mengencangkan Vagina
Setelah melahirkan organ intim wanita akan menjadi lebih longgar. Untuk mengembalikannya seperti keadaan semula, ada ramuan praktis yang bisa kita gunakan. Ambil satu buah pinang muda lalu tumbuk hingga halus. Gunakan cairan dari pinang muda yang ditumbuk tersebut untuk dioleskan pada vagina. Cara ini lebih efektif jika dilakukan dua jam sebelum berhubungan. Selain cara tersebut, kita juga bisa meminum air rebusan buah pinang secara teratur.

Efek Samping Konsumsi Buah Pinang

Biji pinang mengandung zat psikoaktif. Senyawa ini mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein. Karena itu buah pinang kemungkinan menimbulkan efek psikiatrik maupun gejala sistem saraf parasimpatik bisa terjadi seperti pusing, kecemasan hingga insomnia berlarut-larut seperti saat pertama kali putus cinta. Dengan dosis yang lebih tinggi, konsumsi buah pinang akan membuat detak jantung yang lebih cepat hingga mual dan muntah.

Efek samping buah pinang lebih telak terasa saat di konsumsi oleh ibu hamil dan menyusui jika di campur dengan daun sirih. Kedua bahan utama dalam proses menyirih ini bisa menyebabkan kerusakan DNA pada janin. Perubahan genetik akibat menyirih ini membahayakan kandungan dan berpotensi membuat bayi lahir cacat.

Nah, itulah beberapa khasiat buah pinang untuk kesehatan. Namun, Anda perlu mengonsumsi buah pinang dengan cukup dan tidak berlebihan untuk bisa mendapatkan khasiatnya. Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika anda mengkonsumsi buah stroberi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. So, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan