Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Dari Buah Durian

0
16

GadoGadoAsin.com – Manfaat buah durian untuk kesehatan pasti belum banyak yang tahu. Durian adalah buah asli dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian adalah buah yang unik dan juga kontroversial, mulai dari tekstur buah, kulit, sampai aroma. Banyak orang yang suka dengan buah durian karna tekstur yang lembut dan juga manis, namun tidak sedikit pula yang menghindarinya, karena aromanya yang menurut sebagian orang bisa membuat mereka merasa mual. Durian mempunyai julukan The King Of Fruits alias rajanya buah – buahan.
durian montong

Kandungan Gizi Buah Durian

The King of Fruit atau durian ini, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya yaitu :

  • karbohidrat
  • protein
  • lemak tak jenuh
  • vitamin B,C
  • magnesium
  • fosfor
  • kalium
  • thiamin
  • polyfenhol
  • omega 3 dan 6
  • antioksidan

Siapa sangka, ternyata, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat yang akan Anda rasakan ketika mengonsumsi buah durian, beberapa diantaranya sebagai berikut :
1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Durian kaya akan thiamin, vitamin B dan beberapa nutrisi lain yang baik buat sistem pencernaan. Durian juga mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan nafsu makan. Konsumsi buah durian dengan porsi tepat, ini bisa membantu anda melancarkan sistem pencernaan yang sehat dan lambung terbebas dari berbagai masalah kesehatan.

2. Pembentukan tulang dan gigi (Fosfor).
Fosfor adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam durian. Meski kalsium merupakan nutrisi paling terkenal untuk kesehatan tulang, kalsium tidak bisa mengolah pembentukan tulang dan gigi tanpa fosfor.Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Makan mereka secukupnya dan tidak berlebihan akan bermanfaat bagi tubuh. Tapi bagi anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah seperti penyakit asam urat, anda harus berkonsultasi ke dokter sebelum meminumnya.

3. Membuat tidur lebih cepat
Durian mengandung tryptophan, senyawa yang erat hubungannya dengan rasa kantuk.
Tryptophan yang masuk ke otak akan diubah menjadi serotonin. Serotonin dalam jumlah banyak akan mendorong produksi metmlatonun. Hormon melatonin adalah hormon yang menimbulkan perasaan mengantuk dan membuat rileks.

4. Menyehatkan Kulit
Seperti buah lain pada umumnya, buah durian memiliki nutrisi dan vitamin yang baik buat kesehatan kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam buah durian cukup banyak sehingga sangat baik menutrisi kulit. Ada beberapa senyawa di dalam buah durian yang juga baik menjaga kelembaban kulit dan kesehatan kulit secara menyeluruh.

5. Mencegah kanker
Durian kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks, E, dan fitonutrien yang bersifat antioksidan. Antioksidan adalah senyawa utama dalam memerangi radikal bebas yang dapat menghancurkan DNA sel sehat dan mengubahnya menjadi sel kanker.

Efek Samping

1. Dilarang untuk penderita diabetes
2. Penyakit jantung
3. Penyakit darah tinggi
4. Ibu hamil konsumsi di batasi

Konsumsi Durian Yang Baik

Pada buah durian banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Namun pengkonsumsian durian hendaklah disesuaikan, jangan sampai berlebihan. Cukup konsumsi durian 100-200 gr dalam sekali makan untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan juga khasiat penting dari buah durian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here