Inilah 7 Khasiat Konsumsi Buah Kersen Yang Perlu Anda Tau!

0
29

GadoGadoAsin.com – Pohon kersen adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Kersen atau yang dikenal dalam bahasa Inggris kerson fruit memang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti India dan negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah kersen yang punya nama lain Jamaican cherry atau talok ini berukuran kecil-kecil berwarna merah bila sudah matang sempurna. Biasanya buah ini tumbuh terutama di wilayah-wilayah yang kering dan juga mudah tumbuh secara liar, bisa tumbuh liar bisa di tepi jalan, selokan ataupun di tengah retakan antara tembok.
buah kersen
Buah kersen atau juga bisa disebut talok, keres, kersem, ataupun baleci sangat mudah ditemui karena tergolong pohon liar yang cepat tumbuh dengan tinggi yang mencapai 5-10 meter. Pohonnya terkenal teduh, daunnya berbulu lengket dengan buah bulat kecil-kecil berwarna merah saat matang. Daging buahnya halus mirip biji kecil-kecil dan memiliki rasa manis.

Meski seringkali dipetik untuk dimakan, tidak banyak orang tahu kalau ternyata buah kersen ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, buah mungil bernama ilmiah Muntingia Calabura yang biasanya dimakan karena alasan ‘iseng-iseng’ ini mampu melawan penyakit tertentu.

Manfaat Buah Kersen

Kersen atau buah talok dapat diolah juga menjadi selai, dimakan langsung, menjadi campuran dalam olahan makanan atau dijadikan infuf water yang sehat dan menyegarkan. Namun tidak banyak diketahui bahwa selain buahnya, daun pohon kersen ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaat dari buah kersen :

1. Meredakan Sakit Asam Urat
Buah kersen memang tidak dapat menyembuhan asam urat. Akan tetapi buah kersen dapat membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan asam urat. Kandungan nutrisi dalam buah kersen, sifat anti-inflamasi, dan kemampuan untuk menangkal reseptor rasa sakit membantu meringankan rasa sakit lebih cepat. Untuk para pengidap asam urat, dapat mengkonsumsi 10 buah kersem secara efektif 3 kali dalam sehari.

2. Meredakan Sakit Kepala
Bagi anda yang menderita sakit kepala yang hebat biasanya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah. Ternyata buah kersen dapat merelaksasikan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan normal kembali.

3. Mengandung Nutrisi Penting
Buah kersen sendiri mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tidak mengherankan jika buah kersen dijadikan sebagai bahan pokok dalam beberapa makanan di dunia. Seperti selai, agar-agar atau dimakan secara langsung.

4. Mengandung Vitamin C Yang Tinggi
Buah ini mengandung sejumlah vitamin C yang baik, anti-oksidan yang kuat membantu melawan penyakit flu dan gangguan kardiovaskular. Vitamin C dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit mata, mencegah kulit keriput , dan lain sebagainya.

5. Mengontrol Tekanan Darah
Infused water yang berupa memadukan air mineral dengan potongan buah kersen dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan dengan demikian memperbaiki aliran darah di tubuh. Artinya hal ini dapat menurunkan tekanan darah dengan kandungan oksida nitratnya dan bermanfaat bagi penderita diabetes dan lemah jantung.

6. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Encok
Encok merupakan nyeri dan peradangan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat yang mengkristal dan menumpuk pada sendi. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dan meminum sedikit air. Meskipun buah kersen tidak bisa menyembuhkan encok, tetapi dengan mengonsumsi 9-12 buah kersen dalam 3 kali sehari, akan mengurangi rasa sakit dari penyakit encok.

7. Sumber antibiotik alami
Salah satu hal yang menjadi perhatian besar di dunia medis adalah berkembangnya bakteri yang semakin kuat terhadap obat antibiotik. Kabar baiknya adalah buah kersen merupakan sumber antibiotik alami. Para peneliti menemukan bahwa kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik yang biasa digunakan dalam dunia medis. Bahkan beberapa peniliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah kersen. Masih banyak lagi manfaat lainnya seperti mengobati kram perut dan menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat da menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan