Inilah 7 Khasiat Luar Biasa Konsumsi Kurma Yang Jarang Orang Ketahui!

0
64

GadoGadoAsin.com – Kurma menjadi salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat untuk pilihan berbuka puasa. Buah manis dan bertekstur kenyal ini ternyata bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis khas serta tekstur daging buahnya yang empuk ini. Namun belum banyak yang mengetahui secara utuh akan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh anda.
kurma
Menurut sebuah survei medis modern, telah diakui bahwa salah satu manfaat buah kurma yaitu berguna untuk mencegah kanker lambung. Tentu hal ini sangat mengagumkan, bagi umat islam yang berbuka puasa dengan kurma, maka tidak hanya mendapatkan pahala karena mengikuti ajaran sang rasul, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Berbuka puasa dengan kurma membantu menghindari makan berlebihan, karena efek rasa kenyang yang ditimbulkannya. Kurma juga baik untuk sahur, saat tubuh mulai menyerap nilai gizi tinggi dari kurma, energi tetap terjaga dan perasaan lapar bisa diminimalisir saat berpuasa. Di samping itu, sistem saraf juga mendapatkan manfaat dari buah kurma, karena kandungan potassium yang cukup besar.

Kandungan Gizi Kurma

Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai kandungan mineral, vitamin dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma juga mengandung tembaga, zat besi, kalium, magnesium, mangan, banyak vitamin B6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat dan riboflavin, vitamin A, K dan karoten, lutein dan zeaxanthin. Dengan sumber energi yang baik, gula dan serat.
1. Mineral

  1. Kalsium
  2. Zat besi
  3. Fosfor
  4. Natrium
  5. Kalium
  6. Magnesium
  7. Seng

2. Vitamin

  1. Thiamin
  2. Riboflavin,
  3. Niasin
  4. Folat
  5. Vitamin A
  6. Vitamin K.

Kandungan yang paling menonjol dalam sari kurma adalah nutrisi yang baik bagi tubuh, sekitar 80% gula, beragam mineral seperti magnesium dan folat serta protein dan lemak, terkandung dalam buah kurma yang sudah masak. Setidaknya dalam lima butir kurma, terdapat 115 kalori dan hampir semuanya terdiri dari karbohidrat. Kalium sebagai serat dalam kandungan buah kurma, merupakan sumber yang baik untuk penyeimbang asupan serat pada tubuh.
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan zat-zat nutrisi yang terkandung dalam buah kurma sebagaimana tertera pada penjelasan di atas serta didasarkan pada pengalaman orang yang telah mengonsumsinya, maka dapat dirumuskan beberapa manfaat buah kurma sebagai berikut :
1. Melancarkan pencernaan
Kurma adalah serat larut yang memperlancar pencernaan sekaligus mengatasi diare.
Makan beberpa kurma adalah cara cepat dan efektif untuk menghilangkan ketidaknyamanan usus karena kurma meningkatkan bakteri baik di saluran pencernaan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Rendam kurma semalaman, lalu di pagi harinya segera hancurkan daging buahnya, dan langsung dikonsumsi. Kurma kaya akan potassium, yang dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Konsumsi dua kali dalam seminggu, kurma dapat secara efektif meningkatkan kesehatan jantung.

3. Keseimbangan kadar besi dalam anemia
Kurma penuh dengan zat besi dan dengan demikian, sumber makanan yang sangat baik untuk membantu menyeimbangkan kadar ini pada pasien yang menderita anemia, yang pada akhirnya meningkatkan keseluruhan energi dan kekuatan bagi tubuh anda.

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Manfaat buah kurma dalam membantu mengobati anemia atau kurang darah diperantarai oleh kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tingginya kadar zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.

4. Mengatasi Konstipasi
Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa mereka begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat kurma sebagai, maka Anda harus merendam beberapa butir kurma dengan air matang di malam, lalu mengonsumsinya di pagi hari saat sudah mulai menjadi cair, untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam menggiatkan pergerakan usus sehat sehingga makanan beserta limbahnya bisa lancar melewati saluran cerna.

5. Menunjang Kesehatan dan Kekuatan Tulang
Kurma mengandung sejumlah mineral yang signifikan sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama saat orang mulai menua dan tulang mereka perlahan melemah. Kadar yang signifikan dari mineral ditemukan di dalam kurma yang membuatnya mampu memperkuat tulang. Kurma juga mengandung selenium, manganese, copper, dan magnesium yang mampu memperkuat tulang.

6. Menanggulangi Alergi
Salah satu kandungan kurma yang paling menarik adalah adanya belerang organik di dalamnya. Memang ini bukanlah unsur yang mudah ditemukan dalam makanan, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang banyak, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

7. Mengendalikan Diare
Kurma matang mengandung potasium, yang dikenal sebagai zat yang efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah dicerna, yang selanjutnya membantu meringankan gejala diare kronis yang tak menentu. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare, dengan cara menormalkan gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

Meskipun ada segudang manfaat kurma serta nilai gizi yang luar biasa, anda harus memberikan perhatian besar dalam hal menyeleksi buah ini sebelum mengonsumsinya. Karena permukaannya yang sangat lengket, maka seringkali menarik banyak kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya anda hanya mengonsumsi buah kurma yang diolah dan dikemas dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan