Mengejutkan, Inilah Manfaat Buah Jarak Bagi Kecantikan dan Kesehatan Anda!

0
1

GadoGadoAsin.com – Jarak atau Ricinus communis adalah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai. Biji buah jarak memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Jarak diberi nama Ricinus Communis karena, pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan.. Jarak merupakan salah satu tanaman perdu, memiliki daun berjari antara 7 -9 , berdiameter 10-14 cm. Daun jarak tumbuh berseling, berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing, daun jarak pada bagian atas berwarna hijau tua, dan pada bagian bawah berwarna hijau muda, sedangkan batangnya berbentuk bulat dan licin, berongga, berbuku-buku, dan buahnya berbentuk bulat tumbuh dibagian tandan.

Manfaat Buah Jarak

Pohon jarak, memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya.Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai pengahasil minyak atau bahan bakar, yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung getah ricin, terutama untuk pohon jarak pagar dan Jarak wulung yang bijinya mengandung banyak getah dibandingkan dengan dua pohon jarak lainnya. Sehingga pohon jarak wulung dan pohon jarak pagar banyak dibudidayakan oleh masyarakat saat ini. Selain itu, minyak biji jarak yaitu minyak dari tanaman jarak (riccnius communis) yang sering digunakan untuk keperluan medis. Biasanya minyak ini diminum sebagai obat pencahar dan digunakan untuk menginduksi persalinan. Namun, pada tahun 2002 minyak ini digunakan sebagai salah satu bahan dasar produk kosmetik.

Bagaimana cara pakai minyak biji jarak pada wajah?

Minyak ini sangat pekat dan padat, Anda bisa mencampurnya dengan minyak kelapa, minyak almond, minyak alpukat, minyak zaitun, atau shea butter sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Ini memudahkan kulit untuk menyerap minyak ini sepenuhnya. Berikut langkah menggunakan minyak biji jarak pada wajah :

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu.
  • Campurkan minyak biji jarak dengan pelembap atau minyak lainnya.
  • Oleskan campuran minyak tersebut pada wajah sekaligus pijatkan kulit wajah Anda.
  • Diamkan satu hingga tiga menit.
  • Kemudian, bersihkan dengan kain yang sebelumnya dicelupkan pada air hangat.
  • Lakukan setiap malam secara rutin.

Selain bermanfaat untuk bahan produk kosmetik, jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun tidak semua pohon jenis pohon jarak memiliki manfaat bagi kesehatan, hanya pohon jarak pagar yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari buah jarak :
1. Obat sakit gigi berlubang
Getah jarak bersifat anti mikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti jenis staphyloccus, streptococcus dan escherechia coli dan dapat digunakan untuk mengatasi saskit gigi berlubang. Untuk mengatasinya dengan menggunakan getah jarak diteteskan pada kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang.

2. Keputihan pada mulut bayi
Pada bayi yang sedang menyusui biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini yang menyebabkan bayi tidak mau untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya bisa memanfaatkan getah daun jarak.

3. Mengobati bibir kering
Bila Anda memiliki bibir kering, menggunakan minyak ini sebagai pelembap bibir mampu mengobati bibir kering. Minyak ini mengandung emolien yang sangat baik untuk kulit kering. Oleh karena itu, minyak ini banyak digunakan untuk bahan pembuat lipstik dan lip gloss.

4. Mencegah keriput
Radikal bebas mempercepat proses penuaan dan membuat keriput lebih cepat muncul pada wajah. Minyak biji jarak ini mengandung antioksidan mampu melawan radikal bebas dan mencegah keriput pada wajah. Berikan pijatan ke sekitar mata dengan menggunakan minyak jarak untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut. Hal ini juga akan membantu mencegah lingkaran hitam dan keriput pada mata Anda. Sirkulasi darah yang didorong dengan minyak ini akan membuat kulit menjadi mulus dan menghambat kulit keriput di sekitar mata.

5. Mengobati Luka Sariawan
Getah jarak pagar dapat digunakan sebagai obat luka sariawan, caranya ambil getah jarak dengan kapas, kemudian tempelkan ke bagian mulut yang terkena sariawan, gunakan secara rutin sehingga sariawan akan segera sembuh.

Itulah beberapa manfaat dari buah jarak yang ternyata dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan yang sangat penting bagi kesehatan tubuhdan produk kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawsan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan