Khasiat Rahasia Dari Jeruk Limau

0
19

GadoGadoAsin.com – Siapa sih yang tidak kenal dengan jeruk yang satu ini ?? Jeruk limau atau yang biasa disebut dengan jeruk sambal sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Jeruk ini sering dijadikan sambal atau sebagai penyedap masakan untuk menambah citarasa masakan. Untuk menjadikannya sebagai bahan masakan, Anda bisa menggunakan daunnya untuk mengisi adonan bothok jawa, atau mengiris sedikit kulit jeruk limau sebagai campuran sambal, dan daging buahnya bisa dijadikan seduhan air jeruk yang nikmat atau pendamping saat menikmati masakan berkuah seperti soto, rawon, sup iga sapi, dan masih banyak lagi.
jeruk limau
Buah dengan nama latin citrus amblycarpa ini masuk dalam golongan citrus atau marga jeruk. Banyak yang mengira jeruk ini adalah jeruk nipis, akan tetapi anggapan tersebut sangat keliru. Suku Jawa dan Sunda menyebutnya jeruk limo, sementara orang melayu lebih mengenalnya dengan sebutan jeruk limau. Jeruk limau ukurannya lebih kecil di bandingkan dengan jeruk nipis, ukurannya rata-rata sekitar 2-3 Cm. Jeruk limau atau bisa juga disebut jeruk sambal ini memiliki warna hijau, tipis dan beraroma wangi. Bunganya bewarna putih dan juga beraroma wangi. Kulit buah tebal, berkerut-kerut dan beraroma wangi. Daging buah bewarna putih serta memiliki rasa asam.

Kandungan Gizi Jeruk Limau

Buah jeruk limau ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Selain memilik kandungan vitamin C yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, buah jeruk ini juga merupakan salah satu buah jeruk sebagai anti oksidan alami yang bisa menghindarikan tubuh Anda dari berbagai penyakit. Buah jeruk limau sangat baik untuk menghilangkan residu dalam tubuh yang disebabkan oleh racun-racun rokok yang masuk ke dalam sistem tubuh. Jadi sangat disarankan untuk para peroko aktif meminum jus jeruk buah limau setiap selesai merokok. Selain itu, banyak kandungan nutrisi penting di dalam jeruk limau di antaranya yaitu, karbohidrat, protein, serat, kalori dan air sari. Buah jeruk ini juga memiliki kandungan sodium sebanyak 1 mg dalam 31 gram air sari buah jeruk limau.

Selain memiliki kandungannutrisi, buah jeruk ini juga memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin penting seperti, vitamin K, vitamin A, Vitamin C, vitamin E dan kolin. Buah ini juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh manusia yakni potassium. Buah ini juga memiliki kandungan mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti folat, kalsium, betain, magnesium dan fosfor.

Beragam Manfaat Jeruk Limau

Menurut sejumlah penelitian, ada beberapa manfaat jeruk limau yang menarik untuk diketahui, di antaranya:
1. Menjaga kesehatan jantung
Air perasan jeruk limau bisa membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesium dan kalium yang dimilikinya. Kalium bisa membantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darah, dan memperlancar peredaran darah. Dengan begitu, risiko stroke dan serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya akan menurun.

2. Bahan dan Bumbu Masakan
Manfaat jeruk limau yang sudah pasti sering di gunakan adalah sebagai bahan dan juga bumbu masakan. Yang paling sering adalah jeruk limau dimanfaatkan untuk pembuatan sambal, sehingga jeruk ini juga terkenal dengan istlah jeruk sambal.

3. Menyembuhkan Sariawan
Jeruk limau juga merupakan salah satu obat sariawan paling ampuh. Tutulkan saja setetes air jeruk limau pada sariawan, makasariawan anda akan cepat sembuh, meskipun terasa perih yang luar biasa.

4. Menjadi “sabun” untuk Mencuci Tangan
Bagi anda yang gemar dengan masakan di restoran padang atau masakan sunda, peralatan makan jarang digunakan. Biasanya lebih nikmat makan langsung menggunakan tangan, tanpa bantuan sendok dan garpu. Tangan yang kotor oleh makanan, bisa bersih dan segar, apabila anda mencuci tangan dengan air yang sudah dicampur potongan jeruk limau.

5. Meredakan rasa sakit pada penderita anemia
Jeruk limau bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit anemia, khususnya anemia sel sabit. Pada kondisi ini, sumsum tulang belakang justru menghasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit dan cacat. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang kronis, serta rasa sakit terus menerus. Manfaat jeruk limau dipercaya dapat menurunkan rasa sakit tersebut.

Setelah mengetahui manfaat jeruk limau, Anda dapat mulai memasukkan buah ini ke dalam daftar makanan dan minuman Anda setiap hari. Manfaatkan jeruk limau yang menyengarkan ini dengan beragam resep masakan atau minuman. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan