Home Manfaat Buah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

0
30

GadoGadoAsin.com – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Jeruk nipis dihasilkan dari tumbuhan perdu dengan nama latin Citrus aurantifolia, atau dalam bahasa Inggris disebut Key Lime. Buahnya kecil, rata-rata berukuran 3-6 cm. Kulitnya berwarna hijau pekat hingga hijau kekuningan.
jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan tanaman khas dari daerah Asia Tenggara. Namun kini penyebarannya sudah mendunia, mulai dari Eropa, Afrika hingga ke Amerika. Tanaman ini memiliki sedikit hama dan cukup mudah beradaptasi, bisa ditanam dalam rentang iklim yang luas. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam. Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu. Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, karena dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang membahayakan sel-sel. Banyak orang sudah mengetahui manfaat jeruk nipis. Baik itu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk rambut, dan manfaat jeruk nipis untuk diet. Meskipun rasanya yang sangat asam atau kecut ini ternyata mengandung banyak sekali kandungan senyawa bervitamin yang baik menjaga tubuh baik dalam maupun luar.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Artikel menarik lainnya:  Khasiat Rahasia Dari Jeruk Limau

Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran bila buah ini sering dijadikan simbol berbagai produk vitamin atau suplemen makanan. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.

Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C mudah terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus. Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita. Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan.

Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol
Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.
Caranya :

  • Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
  • Tambahkan 1 gelas air hangat
  • Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
  • Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.
Artikel menarik lainnya:  Apel Dapat Menjauhkan Anda dari Dokter, Ini Alasannya !

2. Menurunkan berat badan
Buah jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh
Caranya :

  • Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
  • 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  • Konsumsilah secara rutin

3. Meningkatkan imunitas
Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

4. Mencegah kanker
Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh. Dengan minum air jeruk nipis, dapat mengurangi risiko sel kanker yang berkembang dan membantu Anda melawan penyakit tersebut. Sifat antioksidan di dalamnya juga mempromosikan pertumbuhan sel sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.
Caranya:

  • Peras 2 buah jeruk nipis
  • Campurkan dengan segelas air hangat
  • Lalu gunakan untuk berkumur

Jadi, Anda hanya perlu mengambil beberapa jeruk nipis, kemudian memerasnya dan masukkan beberapa tetes ke dalam gelas air putih untuk diminum. Jika Anda mendambakan hasil terbaik, minum air jeruk nipis tersebut tanpa menambahkan gula atau bahan tambahan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !