Inilah Segudang Manfaat Konsumsi Buah Jeruk

0
13

GadoGadoAsin.com – Jeruk merupakan salah satu buah paling populer di seluruh dunia, bisa menjadi makanan yang menyegarkan saat cuaca sedang panas. Selain membantu kita menenangkan diri, buah bergizi ini dapat membantu meningkatkan fungsi di berbagai bagian tubuh. Jeruk adalah buah yang memiliki khasiat. Jeruk yang merupakan buah sitrus ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.
jeruk
Buah Jeruk banyak disukai oleh masyarakat. Saat sedang sariawan, orang langsung teringat dengan jeruk, karena jeruk bisa menyembuhkan sariawan. Sebenarnya manfaat jeruk telah banyak diketahui masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat jaman dulu yang gemar sekali mengonsumsi jeruk setiap hari. Ada banyak sekali khasiat buah jeruk selain kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit sariawan.

Buah jeruk ini tidak cuma ada satu varian saja, tapi ada banyak sekali macam-macam buah jeruk seperti misal, jeruk bali, jeruk jawa, jeruk purut, dan lain-lain. Uniknya lagi, masing-masing dari jenis jeruk tersebut mempunyai rasa yang berbeda-beda. Jeruk juga bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Tapi kalau tidak suka mengonsumsi secara langsung, maka cobalah mengolah jeruk jadi semacam jus segar sesuai dengan selera masing-masing. Selain rasanya yang lezat saat dikonsumsi, ternyata manfaat jeruk untuk kesehatan dan juga kecantikan sangatlah besar. Jeruk mempunyai kandungan gizi sempurna dan memiliki nutrisi sehat bagi tubuh manusia.

Artikel menarik lainnya:  Tak Cuma Beracun, Buah Bintaro Juga Ada Manfaatnya Lho!

Kandungan Gizi Buah Jeruk

Jeruk memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya vitamin C dalam 180 gr buah jeruk, juga terdapat nutrisi lainnya seperti :

  • Protein,
  • kalori,
  • serat yang sangat tinggi.

Selain mengandung nutrisi yang paling baik untuk tubuh yang sangat populer seperti Vitamin C. Jeruk mengandung sejuta gizi dan mineral yang penting untuk perkembangan gizi anak dan dewasa. Jeruk juga kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Jeruk mengandung phytochemicals yang melawan agen penyebab kanker.

Berikut 6 manfaat yang akan didapatkan saat mengonsumsi jeruk :

1. Membersihkan Darah
Flavonoid yang ada di dalamnya memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

3. Meredakan Sembelit
Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar. Jeruk juga merangsang produksi cairan pencernaan dan memperbaiki pencernaan.

Artikel menarik lainnya:  Apel Dapat Menjauhkan Anda dari Dokter, Ini Alasannya !

4. Mencegah Katarak
Seperti halnya peran jeruk untuk mata, salah satu penyakit yang dapat terhindar dari konsumsi jeruk adalah mencegah katarak. Vitamin A yang cukup tinggi dalam jeruk dapat membantu menghindarkan kita dari katarak.

5. Melindungi Tubuh dari Penyakit Jantung
Antioksidan yang ada dalam jeruk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung serta memicu serangan jantung. Antioksidan menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung.

6. Mencegah Asma
Konsumsi jeruk secara teratur dapat menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi radang saluran napas. Jeruk juga menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.

7. Menjaga mata tetap sehat
Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dipercaya bisa mencegah degenerasi makula pada mata. Kandungan nutrisi dan tingginya vitamin serta mineral dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi dengan mengkunsumsi buah jeruk secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda secara alami.

Demikian beberapa manfaat jika Anda mengkonsumsi buah jeruk. Pastinya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !