Kandungan Air 90%, Buah Semangka Cocok Bagi Anda Yang Dehidrasi!

0
17

GadoGadoAsin.com – Buah Semangka adalah salah satu jenis buah yang berukuran besar dengan nama ilmiah Citrullus lanatus. Dalam bahasa Inggris, buah Semangka disebut dengan Watermelon. Buah yang pada awalnya berasal dari benua Afrika bagian Selatan ini merupakan keluarga suku timun-timunan (Cucurbitaceae) seperti buah labu, buah melon dan ketimun. Buah Semangka pada umumnya dapat dimakan segar atau diproses menjadi jus semangka.
boleh atau tidak konsumsi semangka saat hamil
Buahnya memiliki kulit yang keras, berwarna hijau muda atau pekat dengan larik-larik hijau tua. Daging buahnya yang manis berair berwarna merah dan kuning, dengan biji-biji kecil atau tanpa biji didalamnya.
Daging buah semangka dapat dinikmati secara langsung maupun dibuat jus, sementara bijinya sering diolah menjadi kuaci. Kulitnya pun sebenarnya dapat dikonsumsi menjadi acar maupun kripik. Tak hanya menjanjikan kesegaran dan rasa yang nikmat, semangka juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah tinggi dibandingkan buah lain.

Kandungan Gizi Buah Semangka

Buah semangka mengandung beberapa jenis vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Satu cangkir semangka yang dipotong dadu sebanyak (152 gram) mengandung :

  • 43 kalori
  • 0 gram lemak
  • 2 gram natrium
  • 11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat)
  • 1 gram serat

Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium untuk hari.

Satu buah semangka terdiri dari 91 % air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.

Seperti buah berwarna merah lainnya, semangka pun mengandung pigmen warna karotenoid dalam jumlah besar. Yang paling menonjol adalah likopen dan beta karoten. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan karotenoid dan anti oksidan polifenol lainnya akan semakin meningkat saat semangka masak.

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah semangka memiliki kandungan air yang begitu tinggi, ditambah dengan serat didalamnya, menjadikan semangka sebagai salah satu sumber makanan yang patut dikonsumsi demi menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan air dan serat pada buah semangka membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

2. Mencegah Dehidrasi
Semangka merupakan salah satu contoh buah yang baik jika Anda ingin merasakan kenyang dan tubuh tetap terhidrasi dalam waktu yang bersamaan. Semangka mengandung hampir 90% air yang menjadikannya sebagai salah satu sumber hidrasi terbaik. Kandungan air pada buah semangka dapat membantu Anda tetap terhidrasi, dan isinya penuh kandungan elektrolit yang baik. Buah semangka juga baik untuk membantu suhu tubuh tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

3. Menjaga kesehatan kulit
Buah Semangka mengandung dua Vitamin penting bagi kesehatan kulit dan rambut yakni vitamin A dan vitamin C. Vitamin C membantu tubuh kita memproduksi Kolagen yaitu protein yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. Sedangkan Vitamin A bekerja membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kita akan terlihat kering dan bersisik. Disamping Vitamin A dan Vitamin C, senyawa Likopen dan Beta-Karoten yang terkandung dalam buah semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin A dan vitamin C pada semangka memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A membantu merawat membran mukosa agar kuman tidak mudah masuk dalam tubuh. Sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk menjaga produksi protein pembunuh virus dan kuman.

5. Menjaga kesehatan jantung
Likopen atau Lycopene yang terkandung dalam buah semangka dapat berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Senyawa asam animo Citrulline dalam buah semangka juga dapat membantu menurunkan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

6. Anti peradangan
Likopen juga berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa ini mampu menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen. Oleh karena itu, semangka baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin dalam semangka juga diketahui dapat mempertahankan asam lambung agar tetap normal.

Efek Samping Konsumsi Buah Semangka


Efek samping buah semangka akan timbul apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lycopene dan potasium didalamnya dapat menyebabkan mual, muntah, gangguan pencernaan, diare dan masalah kardiovaskular seperti detak jantung yang tidak teratur.

Disamping itu, Anda pasti sudah tahu bahwa ketika banyak mengonsumsinya, maka efek samping yang timbul tentunya sering buang air kecil. Hal ini wajar saja, karena semangka banyak mengandung air.

Dibekali dengan rasa manis dan menyegarkan, ditambah beragam manfaat yang ditawarkannya bagi kesehatan, semakin menambah daya pikat untuk konsumsi buah semangka. Itulah beberapa manfaat dari buah semangka. Masih banyak lagi manfaat lainnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda. So, Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan