Inilah Manfaat Luar Biasa Buah Leci, Anda Wajib Coba !

0
9

GadoGadoAsin.com – Buah Leci (lychee) adalah buah dari pohon Chinensis Litchi yang berasal dari Cina, Taiwan dan Asia Tenggara. Buah Leci memiliki tekstur kulit yang kasar dengan duri-duri yang kecil yang sedikit tajam menonjol dan bila diperhatikan mirip dengan buah strawberry, bila sudah matang berwarna merah muda kemudian berubah menjadi kecoklatan ketika mengering dan berwarna hijau ketika masih mentah, daging buahnya berwarna putih dan memiliki aroma yang harum.
leci
Konsumsi leci secara langsung mungkin belum terlalu umum bagi masyarakat di Indonesia. Umumnya masyarakat mengkonsumsi leci dalam bentuk olahan atau dengan campuran. Padahal leci merupakan buah yang telah melegenda di Cina.

Kandungan Nutrisi Buah Leci

Dalam 100 gr buah leci terdapat 66 kalori, luar biasanya leci tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, tetapi disusun dari jumlah yang baik dan juga serat makanan, vitamin serta antioksidan. Studi pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol diperkirakan dalam tubuh bertindak sebagai anti virus segagai anti oksidan.

Buah leci juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh kita, dimana 100 gram buah-buahan segar memberikan 71,5 mg atau 119% dari nilai harian vitamin C yang disarankan. Studi menunjukkan bahwa, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh, dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dari penyakit berbahaya, radikal bebas dan anti inflamasi.

Buah ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang baik seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin B-komplek sangat penting karena mereka bertindak sebagai faktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Tidak hanya nutrisi di atas, leci juga mengandung mineral seperti kalium, yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, dengan demikian manfaat buah leci memberikan perlindungan terhadap resiko penyakit kardiovaskuler.

Manfaat Buah Leci

Leci adalah salah satu buah tropis yang cukup familiar di Indonesia. Si kecil ini ternyata banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan yang mengagumkan. Leci kaya akan mineral dan nutrisi yang baik untuk kulit. Berikut Beberapa manfaat dari buah leci bagi kesehatan :
1. Membantu Menurunkan Hipertensi
Kadar kalium yang terdapat dalam buah leci sangat tinggi. Kalium sangat berguna untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Potasium, nama lain kalium, juga bagus untuk mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2. Menjaga kesehatan jantung
Buah Leci kaya akan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih dari 700 miligram vitamin C setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebersar 25 persen. Secangkir buah leci mengandung lebih dari 200% Kebutuhan Harian Vitamin C (190 gram).

3. Mengurangi Rasa Nyeri Haid
Mengurangi rasa nyeri haid bisa dilakukan dengan cara terapi buah. Anda pasti tahu buah leci, buah sebesar buah duku ini ternyata mempunyai khasiat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi. Untuk mengatasi rasa nyeri haid, biji buah leci dicampur dengan rumput alang-alang. Caranya cukup mudah, ambil 6 gr biji leci dan 3 gr rumput alang-alang. Semua bahan digiling sampai lembut kemudian tambah air secukupnya dan minum sampai habis. Ramuan ini juga berkhasiat untuk menambah tenagadan mengobati sakit perut bawah yang bukan disebabkan haid. Untuk terapi alami menambah stamina atau memulihkan tubuh setelah sakit makanlah buah leci ini 60-150 gr tiap hari. Lakukan selama 1 minggu secara teratur dan lihat hasilnya.

4. Mencegah penuaan dini
Kulit mulai mengalami penuaan karena seiring bertambahnya usia. namun polusi, radiasi UV dan asap juga bertanggung jawab untuk penuaan dini yang berlangsung lebih cepat dari proses alami. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, leci merupakan sumber yang kaya vitamin C dan merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas. Hal ini juga berisi oligonol yang berjuang penuaan dan mengurangi bintik-bintik darks. Dengan demikian, konsumsi leci atau menggunakannya dalam kemasan wajah efektif dalam menghilang tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan bintik-bintik gelap.

5. Mencegah Kanker
Manfaat buah leci yang tidak kalah luar biasanya adalah dapat mencegah kanker. Kandungan flavanoid pada leci sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu dalam mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

6. Mencerahkan kulit
Ternyata leci juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit nampak lebih muda.

Efek Samping Konsumsi Buah Leci

Jangan konsumsi buah Leci sebelum makan. Kandungan gula di dalam leci sangat tinggi. Oleh karena itu, makan buah leci saat perut masih kosong dapat menyebabkan tekanan osmosis darah menjadi tinggi.

Itulah manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh. Jangan ragu untuk memasukkan si kecil ini dalam menu kesehatan Anda karena dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah Hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan