Khasiat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

0
14

GadoGadoAsin.com – Buah siwalan atau orang lebih mengetahui dengan sebutan ental atau Lontar terdapat banyak di beberapa daerah pegunungan serta beberapa daerah yang berdekatan dengan laut. Biasanya tumbuh di lokasi Asia Selatan serta Asia Tenggara.

Daging buah ini lebih tebal seperti nata de coco dan buah ini tidak mempunyai tempurung yang keras seperti kelapa. Rasa tidak terlalu manis dan sangat lezat untuk dimakan. Pada umumnya buah siwalan ini dijadikan buah untuk campuran minuman segar.
buah lontar
Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue – kue atau untuk dibuat menjadi selai.

Buah ini sering digunakan untuk campuran minuman segar karena buah ini teksturnya sangat mirip dengan kolang kaling. Dan istimewanya lagi buah lontar ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena buah lontar banyak mengandung zat dan gizi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Buah Lontar

Umumnya orang memakai buah ini sebagai kombinasi minuman dari pada dikonsumsi langsung, lantaran terasa yang fresh serta texturnya yang nyaris serupa sebagaimana kolang kaling buah ini sangatlah pas dipakai sebagai kombinasi minuman. Tidak cuma terasa yang fresh nyatanya buah lontar ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lantaran memiliki kandungan beragam nutrisi yang diperlukan oleh badan. berikut kandungan nutrisi yang tedapat pada buah siwalan/lontar.
Kandungan Nutrisi Buah Siwalan/Lontar per 100 gram :

  • Total gula 10,93
  • Gula reduksi 0,96
  • Protein 0, 35
  • Nitrogen 0, 056
  • pH 6, 7-6, 9
  • Specific gravity 1,07
  • Mineral sebagai abu 0,54
  • Fosfor 0,14
  • Besi 0,4
  • Vitamin C 13,25
  • Vitamin B1 (IU) 3,9

Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Kandungan mineral yang terdapat pada nira buah lontar, menjadikan buah lontar sebagai salah satu isotonic yang dapat membantu mengatasi beragam masalah pencernaan. Selain itu, di dalam buah lontar juga terkandung vitamin B1. Vitamin ini dapat membuat asam hidroklorat yang peranannya cukup besar dalam sistem pencernaan. Vitamin B1, B2 dan B3 di buah lontar juga membantu mengurangi kemungkinan resiko terkena masalah pencernaan.

2. Sumber karbohidrat
Daging buah siwalan/lontar yang masih muda yang mirip kolang kaling memiliki kandungan karbohidrat, sukrosa, glukosa, serta air, tetapi sedikit lemak. Karbohidrat serta glukosa bakal dipecah oleh metabolisme jadi sumber energi. Lantaran sumber karbohidrat rendah lemak, buah lontar bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sekali-sekali untuk memperoleh manfaatnya dari buah lontar ini.

3. Sebagai Antioksidan
Antioksidan adalah zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh anda. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Kemudian vitamin B1 lontar juga dapat menjadi antioksidan dengan kemampuannya yang dapat menjaga sel dalam tubuh anda dari kerusakan atau penuaan.

4. Penambah cairan badan
Anda pasti telah familiar dengan arti minuman isotonik. Minuman ini kini telah banyak di jual di market sebagai minuman yang dapat menukar cairan badan yang hilang disebabkan kesibukan sehari-hari atau lantaran habis sakit. Bila kekurangan cairan, jadi badan bakal alami dehidrasi serta system metabolisme tak bisa jalan dengan baik. Satu pohon siwalan/lontar bisa membuahkan 6 liter nira yang disebut cairan isotonik alami. Sayangnya, manfaat buah lontar dari air nira yang banyak di jual di tepi jalan pantai utara telah banyak yang dioplos dengan air biasa.

5. Mengatasi Masalah Kulit
Dermatitis biasa dipakai untuk peradangan kulit yang biasanya dimulai dengan gejala gatal hingga kulit kemerahan. Dermatitis cukup mengganggu penampilan kulit kita. Buah lontar dapat mengatasi masalah kulit seperti dermatitis dan penyakit kulit lainnya. Untuk masalah kulit yang disebabkan panasnya cuaca, kamu dapat menempatkan buah lontar di daerah kulit yang bermasalah lalu tutupi dengan kain yang telah direbus terlebih dahulu.

Cukup banyak bukan manfaat dari buah lontar, maka dari itu anda segera mencoba mengkonsumsi buah lontar secara teratur agar tubuh anda menjadi semakin sehat dan terjauh dari penyakit lever, ginjal dan penyakit kulit khususnya dermatitis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan