Manfaat Penting Buah Loofah Yang Wajib Anda Ketahui

0
11

GadoGadoAsin.com – Loofah merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari negara Vietnam yang berbentuk cukup unik. Buah mirip payudara ini berwarna merah dengan bagian ujungnya membesar dan terdapat tongolan hitam kecil yang mirip dengan puting payudara.
buah loofah
Buah yang memiliki nama ilmiah Luffa Aegyptiaca ini, di daerah asalnya sering konsumsi dalam bentuk bahan olahan atau bahan masakan. Pada umumnya, loofah tak sedikit dikhasiatkan masyarakat Vietnam sebagai bahan masakan semacam sup dan masakan-masakan lainnya. Buah loofah sebenarnya salah satu tipe timun yg masuk ke dalam type sayur mayur. Di wilayah area asal loofah, beberapa orang mekhasiatkannya sebagai bahan makanan atau bahan masakan. Di Indonesia, sayuran oyong yakni sayuran yg tetap satu kerabat dengan loofah.

Kandungan Nutrisi Buah Loofah

Kandungan nutrisi yg terdapat dalam 250 gr buah loofah, diantaranya terdapat :

  • 40 kal energi
  • 2 gr atau 8 kal kandungan Kalori
  • nol,25 gr atau 2,25 Kal kandungan lemak
  • 9,5 gr atau 38 kal kandungan Karbohidrat

Selain beberapa nutrisi yang sudah disebutkan di atas, penelitian membuktikan bahwa di dalam 250 gram buah loofah terdapat pula kandungan vitamin serta mineral yang tidak sedikit yang di antaranya yaitu Folat dan Vitamin K. Nah dengan kandungan nutrisi yang tinggi, tidak heran kan manfaat buah loofah dari vietnam ini sangat ampuh.

Manfaat Buah Loofah

Selain memberikan rasa yang nikmat, khasiat dan manfaat buah loofah ini tidak bisa di anggap remeh. Berikut beberapa manfaat konsumsi buah loofah :
1. Membantu Mencerahkan Kulit
Tak sedikit orang yang menggunakan buah mirip payudara ini sebagai bahan kecantikan, karena buah yang berwujud sedikit aneh ini dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Dengan cara memanfaatkan alat scrub yang terbuat dari buah loofah yang sudah dikeringkan, dimana alat scrub tersebut dapat mengangkat sel kulit mati dan memperkecil pori-pori pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, bisa dilakukan secara secara teratur namun jangan terlalu kasar menggosoknya karena bisa jadi kulit malah terluka.

2. Mengobati bengkak
Buah loofah dimakan secara serentak dikonsumsi bakal meredakan bengkak di lokasi sinus atau nasal. Konsumsi buah ini dengan cara cepat akan menjaga nutrisi dan khasiat yang tersimpan di dalam loofah. Rasa buah ini sedikit manis dan tidak enak jika dikonsumsi mentah. Layak buat anda coba.

3. Bahan masakan
Loofah dapat dijadikan rekomendasi yang unik untuk menemani santapan makan anda. Untuk dijadikan sebagai bahan masakan, biasanya dipakai buah loofah yang tetap muda yang bisa dimasak sebagai sayur, sup alias masakan lainnya. Rasa dari loofah sebetulnya mirip dengan rasa sayur oyong yang bisa anda jumpai dengan mudah.

4. Sebagai Spons Mandi
Manfaat buah loofah yang satu ini terbilang cukup unik, karena buah loofah dapat bermanfaat sebagai spons mandi. Awal mulanya buah mirip payudara ini akan diproses terlebih dahulu yakni dibersihkan dan hanya disisakan seratnya saja yang dinamakan xylem. Nah, xylem inilah yang nantinya akan diproduksi sebagai bahan penting dalam pembuatan spons mandi.

5. Menyembuhkan sembelit
Jika anda mengalami sembelit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya, mengkonsumsi buah loofah dapat membantu anda mengatasi gangguan pada pencernaan. Buah loofah yang sudah benar-benar masak mengandung banyak sekali serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan.

Efek Samping Buah Loofah

Disamping banyaknya manfaat yang diperoleh dari buah mirip payudara ini, terdapat juga beberapa efek samping dari buah loofah antara lain seperti :

  • Menyebabkan kepala pusing,iritasi, dan kurang fokus jika mengkonsumsi buah mirip payudara ini dalam jumlah yang berlebihan.
  • Memperparah bagi para penderita mimisan.

Ternyata selain bentuknya yang unik seperti payudara, buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah beberapa ulasan tentang manfaat buah loofah yang mungkin belum anda diketahui, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan