Inilah 5 Manfaat Luar Biasa dari Buah Carica atau Pepaya Gunung!

0
14

GadoGadoAsin.com – Buah Carica merupakan sebutan pepaya gunung yang digunakan oleh warga Dieng dan Wonosobo. Manfaat buah Carica sangat banyak, namun hanya diketahui oleh warga sekitar Wonosobo dan Dieng saja. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai buah ini di luar wilayah Wonosobo. Sebenarnya buah ini berasal dari Luar Negeri tepatnya dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Namun, di Indonesia sendiri buah ini banyak dibudidayakan oleh warga dataran tinggi Dieng. Akhirnya menjadi salah satu makanan khas Wonosobo.
buah carica
Mungkin bagi anda yang baru mendengar kata carica agak sedikit asing. Yups, carica merupakan salah satu jenis buah khas dari pegunungan Dieng. Jadi Cuma Dieng aja nih yang punya carica. Buah carica masih dalam golongan buah pepaya, tetapi pada dasarnya buah carica memiliki pohon yang relatif pendek dan rasa yang asam jika dibandingkan dengan pohon pepaya. Selain itu, bentuknya lebih kecil dan teksturnya lebih keras.
Kandungan Buah Carica

Kandungan buah carica sangatlah banyak, buah unik dengan rasa menarik ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kandungan enzim papain yang berfungsi melancarkan pencernaan, selain itu banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Buah yang berwarna hijau dan kuning saat sudah matang ini menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan. Buah ini memiliki rasa yang asam sehingga mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Kandungan yang terdapat dari buah carica yaitu vitamin A,C,E dan beberapa kandungan lainya seperti kalsium. Vitamin A yang berperan penting pada kesehatan mata. Vitamin B kompleks yang bagus untuk sistem metabolisme tubuh. Vitamin C yang bagus untuk kulit, Vitamin E yang mampu menjadi penangkal sinar UV. Kalsium yang bagus untuk kekuatan fisik. Selain itu, buah ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

Apa saja sih yang bisa didapatkan jika anda mengonsumsi carica si buah mungil dari Dieng ini ? Manfaat buah Carica yang paling utama yaitu mampu melancarkan proses pencernaan, karena mengandung serat yang tinggi. Beberapa manfaat lainnya yaitu sebagai berikut :

1. Melancarkan pencernaan
Seperti buah lainnya, buah Carica yang mengandung Vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Bagi Anda yang mempunyai masalah terhadap pembuangan (BAB), buah carica bisa menjadi solusinya. Selain itu, buah carica juga dapat membantu proses penyerapan protein.Warga Wonosobo memakan buah ini secara mentah dengan rutin sebagai asupa untuk melancarkan pencernaan mereka.

2. Menyehatkan dan mempercantik kulit
Vitamin C yang terkandung dalam si mungil ini mampu membentuk kolagen. Kolagen berfungsi untuk menghindari penuaan dini. Menjadikan kulit lebih mulus, halus, dan jauh dari kerutan-kerutan wajah. Hal ini yang menjadi faktor utama adanya kosmetik yang terbuat dari buah Carica sebagai bahan utama. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah Carica juga mampu menghindarkan kulit dari berbagai masalah. Seperti rusak dan gelap akibat sinar UV matahari, dan buah carica ini berperan sebagai penangkal radikal bebas.

3. Membersihkan usus
Karena dapat melancarkan pencernaan, buah carica juga dapat membersihkan organ usus anda secara alami. Pada organ usus, buah carica ini dapat bekerja yaitu dengan menghilangkan bakteri jahat karena mampu menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus kita. Selain itu, adanya kandungan enzim papain dalam buah carica berguna untuk membasmi bakteri. Bakteri jahat dalam sistem pencernaan khususnya bakteri dalam usus. Enzim papain juga dapat berfungsi menetralkan pH dalam sistem pencernaan. Sehingga memungkinkan anda terhindar dari penyakit asam lambung yang terlalu tinggi.

4. Baik Untuk Kesehatan Mata
Tidak hanya buah wortel yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Buah khas dieng ini juga sangat baik untuk kesehatan mata anda. Siapa sangka jika buah ini bisa anda jadikan untuk alternatif lain dalam mengatasi masalah mata. Seperti rabun jauh, rabun senja, rabun dekat dan lain sebagainya. Bahkan kandungan vitamin A buah ini lebih banyak dibandingkan dengan buah wortel. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin. Jika anda tidak suka dengan buah carica sebelum diolah, anda bisa memanfaatkan manisan carica.

5. Mencegah Kanker
Buah carica juga mengandung zat agrinin, kandungan zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Itulah beberapa manfaat buah carica yang sangat baik untuk tubuh, selain itu juga masih banyak khasiat buah carica yang sangat baik untuk tubuh. Bagi Anda yang ingin tetap sehat, tidak usah ragu untuk meinkmati hasil olahan dari buah carica. Selain itu, untuk menunjang kebugaran tubuh Anda juga perlu melakukan olahraga teratur, semoga dengan artikel ini Anda bisa sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan