Inilah 7 Manfaat Buah Kasturi Yang Jarang Anda Ketahui

0
31

GadoGadoAsin.com – Kasturi adalah tanaman tropis khas Kalimantan sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga Borneo.Tanaman kasturi yang mempunyai nama latin Mangifera casturi, awal mulanya berbentuk enemik (cuma ada) di rimba sekitar Banjarmasin di Kalimantan.
buah kasturi
Jika diamati, sekilas buah ini mirip dengan mangga. Bahkan, banyak orang menyebut buah ini dengan nama mangga kasturi. Namun, buah kasturi memiliki bentuk lebih kecil dan berkulit tipis dengan warna hijau terang dengan bitnik gelap. Buah kasturi jika telah matang akan berwarna kehitaman dengan daging buah berwarna oranye.

Kandungan Gizi Pada Buah Kasturi

Buah Kasturi memiliki kesamaan dengan buah mangga tapi yang menjadi pembedanya adalah ukuran dan warna dari buah Kasturi dengan buah mangga. Selain itu kandungan gizi yang ada didalam buah Kasturi juga tidak kalah dengan kandungan yang ada didalam buah mangga. Dimana buah Kasturi memiliki kandungan Rendah Lemak, Sukrosa, Asam Sitrat, Protein, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zat Besi, Kalium, Potasium, Fosfor, Seng, Selenium, Mangan, Serat, Antioksidan dan juga kaya akan kandungan air. Nah, dari kandungan tersebutlah yang juga membuat buah Kasturi menjadi salah satu buah yang wajib untuk ada di samping menu makan kita setiap hari.

Karakteristik tanaman buah Kasturi

  • Tinggi pohon mencapai 25 meter dengan batang berdiameter 40-110 cm
  • Warna kulit kayu putih keabu-abuan dan ada yang berwarna coklat muda
  • Bentuk daunya lanset dan runcing
  • Warna daun muda itu ungu
  • Buah kasturi terlihat seperti mangga pada umumnya, namun ukurannya kecil dan beratnya sekitar 50-84 gram.

Buah kasturi mempunyai 3 jenis buah yaitu :

  1. Kasturi, jenis yang menghasilkan buah berbentuk oval yang bernoda hitam saat masih muda dan menjadi warna kehitaman saat sudah tua.
  2. Kuba, sejenisnya mirip dengan kastil namun buahnya kemerahan dan tidak menjadi hitam saat sudah tua. Kulit buah lebih mudah dipisahkan dari daging oranye-kuning.
  3. Pirit asam, sejenis kasturi yang memiliki buah hijau pucat dan bintik hitam, namun bila yang lama tetap hijau. Jenis casturi ini memiliki serat lebih banyak dan warna dagingnya berwarna oranye kekuningan.
  4. Selain itu, kandungan gizi yang ada didalam buah Kasturi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja manfaat buah Kasturi untuk kesehatan tubuh kita, berikut penjelasannya :

1. Pencegah Kanker
Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga dan sama seperti jenis mangga lainnya, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang mampu mencegah kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang membantu fungsi pencegahan kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

2. Memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.
Di dalam buah Kasturi itu terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Sebab, didalam buah Kasturi itu terdapat kandungan nutrisi seperti Sukrosa, Lemak, Protein, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zat Besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Sangat aman untuk penderita hipertensi.
Buah Kasturi juga kaya akan kandungan mineralnya contohnya Kalium, Zat Besi, Magnesium, Potasium, Fosfor, Tembaga, Seng, Selenium dan juga Mangga. Meskipun kanudngan mineralnya itu sudah terlihat banyak, namun kandungan tersebut tetaplah masih sangat sedikit dibandingkan dari jumlah kadar vitamin yang telah ada didalam buah kasturi. Meski demikian, kandungan yang ada didalam buah Kasturi itu juga memiliki salah satu keunggulan yaitu rasio antara natrium dan juga kalium yang masih rendah dari buah lainnya. Maka dari itulah buah Kasturi itu sangatlah aman sekali untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Sumber Energi
Daging buah kasturi memiliki manfaat karbohidrat dalam bentuk selulosa, pati, dan gula sederhana berupa glukosa, fruktosa, fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berfungsi memberikan rasa manis, juga berguna sebagai sumber energi yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tubuh anda.

5. Mampu menurunkan Kolestetol Jahat pada tubuh.
Munculnya kolesterol jahat didalam tubuh itu dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, salah satu contohnya itu adalah gangguan pada kesehatan jantung. Oleh sebab itulah buah Kasturi sangat baik untuk ada didalam daftar menu makanan kamu setiap hari agar kolesterol jahat didalam tubuh bisa di tekan. Kolesterol jahat pada tubuh dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti gangguan kesehatan jantung dan hati. Buah kasturi cocok dijadikan sebagai daftar menu wajib konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kaya akan nutrisi
Buah kasturi ini mempunyai nutrisi yang baik dan bermanfaat. Nutrisi tersebut antara lain:

  • Sukrosa sebanyak 7,93% yang memberikan rasa manis pada buah kasturi sehingga bisa digunakan sebagai pemberi rasa manis pada makanan seperti kue.
  • Lemak yang rendah karena hanya berjumlah sekitar 0,44%.
  • Protein yang terkandung cukup banyak, yaitu 1,20%.
  • Manfaat vitamin A dalam jumlah yang tinggi sekitar 6069,29 IU.
  • Vitamin C sebanyak 81,40%.
  • Kadar air yang tinggi sebanyak 81,40%.
  • Sejumlah kecil vitamin E dan mineral lainya seperti zat besi.

7. Kaya akan vitamin
Kandungan buah kasturi sama seperti manfaat mangga. Dalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, A, dan E. Manfaat vitamin C baik untuk membantu mempertahankan kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit dan menghindari kita dari sariawan. Vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, vitamin C dan A merupakan sumber kalium untuk membantu menjaga tekanan darah, kontraksi otot, dan menjaga proses organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Adapun vitamin E berguna menjaga kesehatan kulit.
Begitu banyak manfaat yang bisa anda peroleh hanya dari buah-buahan. Maka dari itu, mulailah beralih dari minuman kaleng dan mulailah gaya hidup sehat anda dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan. Semoga artikel ini bermanfaat da menambah wawasan anda.

Ajukan Pertanyaan