Mahkota Dewa, Tanaman Obat dengan Berjuta Manfaat!

0
21

GadoGadoAsin.com – Mahkota dewa dulu sangat tenar digunakan untuk pengobatan tradisional/herbal. Tanaman yang satu ini mudah tunbuh dimana tempatnya ditanam, bahkan biasanya orang-orang menggunakan tanaman mahkota dewa ini untuk pohon pagar didepan rumah. Mahkota dewa atau yang nama latinnya Phaleria macrocarpa adalah salah satu tanaman obat asli indonesia tepatnya berasal dari daerah papua irian jaya.
mahkota dewa
Tanaman mahkota dewa awalnya hanya digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pinggir jalan. Tanaman asli Papua ini kemudian digunakan oleh orang- orang Cina sebagai bahan obat tradisional. Mahkota dewa memiliki buah yang berwarna merah ketika matang. Buah ini kemudian dikeringkan dan diolah menjadi ramuan yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Daftar isi:

Kandungan Zat Buah Mahkota Dewa

1. Zat alkaloid
Tanaman mahkota dewa memiliki kandungan zat alkaloid, dimana zat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat alkaloid itu sendiri merupakan golongan senyawa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik.

2. Flavonoid
Di dalam tanaman mahkota dewa juga ditemukan kandungan flavonoid yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya kandungan tersebut tidak hanya terkandung dalam tanaman mahkota dewa saja, namun kandungan ini juga banyak terdapat dalam tanaman-tanaman obat lainnya.

3. Polifenol
Selain zat alkaloid, ada juga zat polifenol yang terdapat dalam tanaman mahkota dewa. Kandungan polifenol memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4. Antioksidan
Kandungan antioksidan ini banyak terdapat pada bagian kulit mahkota dewa. Jadi, anda bisa memanfaatkan kulit mahkota dewa jika membutuhkan asupan antioksidan. Bukan hanya kulit mahkota dewa, antioksidan juga terdapat dalam kulit manggis.

Kandungan senyawa yang terdapat pada mahkota dewa, diantaranya sebagai berikut:

  • Kandungan senyawa polipenol berfungsi sebagai anti alergi atau antihistamin.
  • Senyawa alkaloid yang bersifat detoksifikasi (untuk membuang racun).
  • Senyawa flavonoid berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh.
  • Kandungan senyawa saponin berfungsi sebagai antibakteri dan desinfektan.
  • Kandungan antioksida.
  • Senyawa tanin.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Sistem kekebalan tubuh diperankan oleh anti bodi manusia sendiri. Bayangkan saja jika kekebalan tubuh terganggu, penyakit pasti akan sangat cepat menyerang tubuh yang lemah. Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi mahkota dewa yang mengandung senyawa saponin. Jika dikonsumsi secara teratur maka bisa juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Meningkatkan sistem metabolisme
Bukan hanya meningkatkan sistem imun saja, mahkota dewa juga sangat baik dalam membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh memburuk, tentu tubuh akan mengalami gangguan-gangguan kesehatan. Salah satu gangguan yang akan dialami yaitu penurunan kognitif tubuh. Kandungan zat flavonoif dalam mahkota dewa dipercaya mampu meningkatkan dan menjaga metabolisme tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol dalam tubuh sebenarnya berasal dari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak. Lemak jenuh tidak bisa digunakan untuk tubuh sebagai sumber tenaga karena tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah yang sangat kecil. Berbagai jenis makanan seperti makanan yang digoreng dengan minyak sawit, lemak dari daging dan dan berbagai sumber lemak lain memiliki banyak kolesterol. Kolesterol bisa menyebabkan beberapa potensi penyakit seperti jantung dan stroke. Manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Kandungan senyawa flavonoid secara efektif bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

4. Mengobati gatal-gatal
Mahkota dewa mengandung polifenol yang sangat baik dalam membantu mengobati masalah gatal-gatal pada kulit. Jika anda memiliki masalah kulit yang gatal-gatal, anda bisa memanfaatkan buah yang satu ini. Anda hanya perlu melakukan pengobati dengan mahkota dewa secara rutin hingga sembuh.

5. Mengobati Disentri
Disentri merupakan salah satu penyakit dengan penyebab utama infeksi kuman dan bakteri. Penyakit disentri dapat diatasi dengan buah mahkota dewa karena mengandung saponin yang bersifat anti bakteri. Untuk melakukan cara pengobatan ini, Anda dapat menyiapkan 6 gram buah mahkota dewa kering dan 5 gelas air bersih. Rebuslah buah mahkota dewa kering menggunakan 5 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 2 gelas air saja. Setelah itu minumlah air rebusan dengan intensitas 3 kali dalam sehari.

Cara Mengolah Mahkota Dewa

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini yakni bagian daun, batang, buah (daging buahdan cangkang biji) untuk anda jadikan ramuan obat herbal secara tunggal atau sebagai campuran obat herbal lainnya. Seperti ramuan berikut yang bisa anda manfaatkan untuk dijadikan untuk mengobati penyakit, berikut ini merupakan cara mengolahnya untuk dijadikan ramuan herbal yanitu dengan 2 cara :

Cara pertama

Bahan-bahan:

  • 5 sampai 7 buah, mahkota dewa kering (iris)
  • 2 lembar, daun mimba kering
  • 6 lembar, daun sendok kering
  • 6 lembar, daun sambiloto kering
  • 3 gelas, air putih (600 ml)

Cara membuat:
Bersihkan semua bahan dengan mencucinya di air mengalir sampai bersih.
Masukan dalam panci dan beri air 3 gelas, rebus sampai mendidih dan menjadi 1 ½ gelas.
Terakhir saring dan minum secara teratur 3 kali sehari (pagi, siang, sore) sebanyak ½ gelas sampai sembuh.

Cara kedua

Bahan-bahan:

  • 5 sampai 6 buah, mahkota dewa (iris-iris)
  • 15 gram, daun pegagan kering
  • 10 gram, daun sambiloto
  • 3 gelas, air (600 ml)

Cara membuat:

  • Bersihkan semua bahan dengan mencucinya di air yang mengalir sampai bersih.
  • Berikutnya masukan dalam panci dan rebus sampai mendidih sampai menjadi 1 ½ gelas air.
  • Saring dan minum ramuan sehari 3 kali (pagi, siang, sore) sebanyak ½ gelas secara rutin.
  • Efek samping konsumsi mahkota dewa
  • Jangan mengkonsumsi mahkota dewa dalam jangka waktu lama atau secara berlebihan, serta jangan mengkonsumsi buah ini dalam keadaan segar, karena bisa mengakibatkan bengkak pada mulut, pingsan sampai kejang.

Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan dan manfaat buah mahkota dewa. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang macam- macam obat herbal dan juga khasiatnya. Selamat menjalani gaya dan hidup sehat.

Ajukan Pertanyaan