Ini Lho, Buah Superfood Dengan Segudang Manfaat !

0
87

GadoGadoAsin.com – Buah yang identik dengan New Zealand ini memiliki nama latin Actinidia deliciosa. Buah kiwi berasal dari daratan Cina utara dan pada abad ke 20 mulai dibudidayakan di Selandia Baru. Bentuknya menyerupai telur ayam, dengan kulit kusam berwarna cokelat keabu-abuan, dan bulu-bulu halus mengerubungi permukaan luarnya. Bentuknya bulat dan lonjong, jika anda belah, akan terlihat biji – bijinya mengumpul di sekitar pusat dan warnanya hijau kekuningan.
buah kiwi
Buah kiwi berasal dari negara China. Awalnya buah ini diberi nama “Chines Goosberry” atau Goosberry dari China. Namun setelah karena berbagai macam alasan, buah ini diberi nama kembali yang diadopsi dari nama burung yang tidak bisa terbang di Selandia Baru. Nama latin buah kiwi yaitu Actinidia dan diberi julukan superfood karena mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buah kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Rasanya yang segar membuat kiwi dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, misalnya dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies,keik, kue, jus, hingga puding.

Kandungan Nurtisi Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah yang padat nutrisi yang memiliki kandungan mineral, vitamin, serta dan juga fitokemikal yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, masi kita simak beberapa zat – zat yang terkandung di dalam buah super kaya manfaat ini :

Vitamin C

Pada umumnya semua buah mengandung Vitamin C. Namun kadarnya berbeda – beda satu sama lainnya. Berdasarkan USDA Nutrient bulan Maret 2010 buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 74 – 87 mg. Padahal manusia membutuhkan Vitamin C antara 45 – 85 mg setiap hari. Kita bisa simpulkan, untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C, anda cukup mengkonsumsi satu hingga dua buah kiwi setiap harinya.

Vitamin E

Biasanya kita bisa mendapatkan Vitamin E dari kandugan minyak dan kacang – kacangan. Kalau buah yang cukup terkenal yaitu Pepaya dan Mangga. Namun sungguh mengejutkan, ternyata buah kiwi memiliki kandungan Vitamin E yang lebih banyak dari Mangga dan Pepaya.

Luthein

Zat atau senyawa ini biasanya disebut dengan karoten yang memiliki sifat anti oksidan. Karoten umumnya terdapat pada buah – buahan yang memiliki warna merah atau kuning. Pada buah Kiwi Luthein terdapat pada kiwi kuning. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia detailnya nanti akan dijelaskan lebih lanjut jika sampai pada pembahasan manfaat buah kiwi untuk kesehatan.

Serat

Sebagaimana buah yang lainnya, Kiwi juga mengandung banyak serat. Kandungan serat kiwi yang tinggi sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat ini lebih banyak terdapat pada buah kiwi yang berwarna hijau.

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat buah kiwi bagi tubuh adalah sebagai sumber nutrisi yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat.

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengungkap manfaat buah kiwi bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah rambut rontok
Buah kiwi kaya vitamin C yang merupakan antioksidan sangat kuat. Vitamin ini memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen yang mencegah rambut bercabang. Manfaatkan buah buah kiwi bisa mencegah masalah rambut rontok yang sering kali mengganggu banyak orang bila mengonsumsinya secara rutin.

2. Rendah Kalori, Cocok Untuk Diet
Manfaat buah kiwi yang membuatnya disukai para wanita adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Satu buah kiwi berukuran sedang hanya mengandung 48 kalori. Sementara satu cangkir sajian buah kiwi yang sudah dipotong-potong mengandung 108 kalori sama seperti jumlah kalori dalam buah pisang berukuran sedang.

Karena kandungan kalorinya rendah, tentu saja buah kiwi akan melengkapi program diet sehatmu. Kamu bisa mengonsumsi buah kiwi secara langsung atau mengolahnya jadi smoothies maupun salah buah agar rasanya lebih menarik.

3. Anti hipertensi
Buah kiwi mengandung kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

4. Menangkal radikal bebas
Kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

5. Pencegah Penyakit Jantung dan Katarak
Pada pembahasan kandungan buah kiwi diatas kita telah mengetahui bahwa buah ini mengandung senyawa Luthein atau yang sering disebut dengan karoten. Selain zat ini memiliki peran sebagai anti oksidan juga memiliki fungsi degenerasi pada mata. Luthein pada buah kiwi mampu untuk menangkal oksidasi yang menyebabkan katarak dengan cara mecegah atau memperlambat degenerasi tersebut.

6. Kiwi Baik Untuk Ibu Hamil
Asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin ternyata ada pada buah kiwi. Oleh sebab itu, ibu hamil dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi kiwi agar memperoleh asupan asam folat.

7. Buah Organik yang Bebas Pengaruh Bahan Kimia
Kiwi merupakan salah satu buah yang termasuk dalam daftar 10 buah paling sehat pada tahun 2012. Tentu kiwi masuk ke dalam daftar tersebut karena dibudidayakan secara organik. Mengonsumsi buah yang bebas pengaruh bahan kimia tentu akan memberikan manfaat nutrisi yang maksimal untuk tubuh anda.

8. Meredakan asma
Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma. Penelitian menunjukkan, terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada orang-orang yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk di antaranya adalah buah kiwi. Mengonsumsi buah kiwi segar diduga dapat mengurangi mengi dan sesak napas pada penderita asma.

Itulah beberapa manfaat dari buah kiwi. Di balik manfaat buah kiwi, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi yang muncul berupa bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah. Disarankan untuk mewaspadai gejala alergi saat memberikan kiwi pada anak-anak untuk pertama kali. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan