Ini Dia Manfaat Dari Buah Jeruk Bali Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

0
11

GadoGadoAsin.com – Siapa sih yang tidak mengenal buah jeruk bali dari keluarga jeruk (Citrus sp.) yang berasal dari Pulau Dewata ini ? Jeruk bali mempunyai bentuk yang besar dengan kulit buah yang sangat tebal, seringkali membuat penikmat buah enggan mencoba merasakan kenikmatan yang diberikan.
manfaat jeruk bali
Jeruk bali sering dianggap baik untuk kesehatan karena buah ini dikemas dengan banyak nutrisi dan berbagai vitamin. Jeruk Bali juga mengandung jumlah yang kaya bioflavonoid yang berharga dan mencegah kanker dan penyakit berat lainnya.

Jadi, bagi yang menjalani diet harian, mereka harus mengkonsumsi jeruk bali karena memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Bali :

Tentu saja sebagaimana Citrus atau Jeruk lainnya, maka buah jeruk bali ini pun memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah. Di dalam 100 gram takaran sajinya, terdapat:

  • Kalori: 40 kkal
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 200 mg
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Serat Pangan: 1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin A: 10 IU
  • Vitamin C: 70 mg
  • Kalsium: 5 mg
  • Zat Besi: 0,2 mg

Manfaat dari buah jeruk bali

Di Indonesia, buah jeruk bali jarang dan juga cukup sulit untuk ditemukan, bahkan di swalayan dan juga toko retail besar pun jarang ditemukan. Meskipun cenderung sulit untuk diperoleh, namun jeruk bali memiliki banyak manfaat untuk anda. Apa saja manfaat jeruk bali ini ? Berikut ini beberapa diantaranya :
1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Selain kaya akan vitamin C, jeruk Bali ternyata mempunyai kandungan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang sering menyumbat saluran pembuluh darah jantung. Seperti dilansir dari kompas.com, terdapat penelitian yang diadakan oleh ilmuwan asal Israel yang meneliti pengaruh jeruk Bali pada pasien yang telah menjalani operasi jantung koroner.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa survey yang dilakukan terhadap 3 jenis sampel (A: pasien diberi jeruk Bali merah, B: pasien diberi jeruk Bali putih, C: pasien tidak diberi jeruk Bali sama sekali) terbukti bahwa pasien yang diberikan jeruk Bali dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah. Sedangkan pasien yang tidak diberikan jeruk Bali kadar kolesterolnya tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan pektin dalam jeruk Bali dinyatakan mampu menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 10% per 15 gram.

2. Mengobati sariawan
Manfaat jeruk bali bagi kesehatan, sama seperti buah jeruk dan berbagai jenis buah-buahan pada umumnya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tingginya kandungan vitamin C ini membuat jeruk bali juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, dan juga sangat pas sebagai salah satu jenis buah pencuci mulut.

3. Melancarkan Buang Air Besar
Buang air besar adalah suatu kebutuhan setiap orang. Saat anda mempunyai masalah dengan buang air besar tentu sangat tidak nyaman bukan? Apalagi saat masalahnya adalah tidak lancar buang besar, perut anda menjadi tidak nyaman. Untuk itu anda perlu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga serat untuk melancarkan buang air besar, misalnya adalah buah jeruk bali.

4. Membantu penurunan berat badan.
Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan maka mulai memakan buah jeruk bali atau minum jus jeruk bali karena memiliki enzim pembakar lemak yang membantu menyerap dan mengurangi pati dan gula dalam tubuh.

5. Sebagai masker dan kesehatan kulit
Selain berguna bagi kesehatan tubuh, jeruk Bali juga baik bagi kesehatan kulit dan dapat digunakan sebagai masker. Dengan mencampurkan daging buah jeruk Bali yang dihancurkan ditambah dengan air perasan lemon dan putih telur, lalu gunakan pada wajah sebagai masker. Biarkan campuran selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Campuran ini dapat mengurangi komedo dan merapatkan komedo pada kulit wajah Anda jika digunakan teratur selama seminggu sekali.

Cara Memanfaatkan Jeruk Bali untuk Kecantikan :

Memanfaatkan jeruk khas bali untuk kecantikan sangatlah mudah. Sebab buah ini akan memberikan sensasi menyegarkan yang tidak dimiliki jenis jeruk lainnya. Bentuk bulirannya yang besar-besar amat memudahkan buah mengeluarkan sarinya untuk dijadikan masker wajah.

Jadi kalau hendak menjadikan buah jeruk bali sebagai masker amat mudah langkahnya. Cukup lepas saja bulir-bulir jeruknya. Kemudian dipencet dan diusapkan ke wajah hingga air sarinya yang sedikit memenuhi wajah.
Efek Samping Jeruk Bali :

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa jeruk khas Bali ini meskipun memiliki bentuk dan ukuran yang besar, namun rasanya sungguh kurang enak. Sebab terasa hambar dan cenderung tidak manis sama sekali. Rasa agak masam dengan campuran hambarnya ini tentu saja membuat siapa saja yang melahapnya jadi mengalami beberapa efek samping di bawah ini:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Pusing
  4. Nyeri Perut
  5. Lidah Pahit

Itulah manfaat jeruk bali bagi kesehatan dan juga kecantikan yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sekalian. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan