Inilah Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Buah Manggis

0
14

GadoGadoAsin.com – Buah manggis (Garcinia mangostana) merupakan salah satu buah-buahan tropis yang diyakini berasal dari Indonesia, tepatnya di kepulauan Sunda dan Maluku. Rasanya yang nikmat dan penampilannya yang unik membuat manggis kerap disebut sebagai ratunya buah dan dikabarkan menjadi buah favorit Ratu Victoria.
manggis
Dibalik kulitnya yang keras dan berserat, ternyata terdapat sebuah kandungan dan manfaat yang sangat membantu untuk kebutuhan kesehatan tubuh. Ekstrak dari kulit buah manggis ini sangat mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam- macam penyakit.

  • Kandungan Nutrisi Buah Manggis
  • Berat buah yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian buah yang dapat di konsumsi ( Food Edible) = 29 %
  • Zat Besi Buah Manggis = 1 mg
  • Vitamin A Buah Manggis = 0 IU
  • Protein Buah Manggis = 0,6 gr
  • Vitamin B1 Buah Manggis = 0,03 mg
  • Vitamin C Buah Manggis = 2 mg
  • Lemak Buah Manggis = 0,6 gr
  • Fosfor Buah Manggis = 12 mg
  • Energi Buah Manggis = 63 kkal
  • Karbohidrat Buah Manggis = 15,6 gr
  • Kalsium Buah Manggis = 8 mg
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Vitamin B Kompleks ( tiamin, niacin, dan asam folat )

Selain kandungan nutrisi yang sangat luar biasa banyak, kulit buahnya pun juga tak kalah memiliki nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kulit buah manggis atau ekstrak kulit buah manggis mengandung Xanthone, Penelitian menunjukkan, xanthone memiliki sifat : antidiabetes, antikanker, anti-peradangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, antibakteri, antiplasmodial, antifungi, dan memiliki aktivitas sitotoksik.
Xanthone juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Staphylococcus aureus adalah salah satu bakteri yang banyak terdapat pada makanan, Bakteri ini ada di mana-mana, dan di tubuh manusia terdapat di kulit tangan, hidung, dan mulut yang sangat mudah terkontaminasi. Bakteri ini memproduksi toksin yang stabil terhadap pemanasan, tahan terhadap aktivitas pemecahan oleh enzim-enzim pencernaan, dan relatif resisten terhadap pengeringan. Ia juga memproduksi hemolisin, toksin yang dapat merusak dan memecah sel-sel darah merah.

Selain itu kulit buah manggis mengandung mangostin. Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. Mangostin yang merupakan hasil isolasi dari kulit buah manggis mempunyai aktivitas antiinflamasi dan anti oksidan.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Sama seperti halnya buah-buah lain, manggis juga memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan. Hal ini tak lain karena kandungan nutrisinya yang begitu beragam. Berikut beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan Anda, diantaranya :
1. Obat awet muda
Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, sehingga Anda akan nampak awet muda jika rajin mengonsumsi buah ini. Ada juga buah lain yang mengandung banyak antioksidan yaitu manfaat mahkota dewa.

2. Sebagai Antioksidan
Kandungan senyawa xanthones yang terdapat dalam buah manggis memiliki peran sebagai penguat sel. Selain itu zat quinon dan stilbene juga terdapat di dalamnya. Oleh karenanya, buah ini dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat.
Zat antioksidan dan antimikroba dari kulit buah ini berhasiat dalam hal menetralkan asam lambung , membunuh kuman penyakit dan bakteri-bakteri merugikan sehingga sistem pencernaan didalam tubuh tetap lancar. Kulit manggis mengandung Antioksidan alami yang sangat berguna bagi jaringan sel tubuh manusia sehingga tampak lebih awet muda.

Manfaat kulit manggis juga berperan dalam penyerapan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh selalu tetap fit. Antioksidan dapat mengakhiri reaksi berantai dan meperlambat atau menghambat reaksi ini dengan menghapus intermediet radikal bebas, dan menghambat reaksi oksidasi lainnya. Jika kadar antioksidan dalam tubuh rendah, akan membuat tubuh sulit mengontrol kandungan nutrisu dan vitamin C yang terdapat dalam tubuh.

3. Perawatan kulit
Khasiat manggis yang tak kalah pentinya bagi perempuan adalah perawatan kulit. Penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis pada kulit dan studi menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat yang dapat mencegah kanker kulit. Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

4. Menurunkan Berat Badan
Sebagian besar buah memang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, salah satunya yaitu manggis. Tak hanya itu kalori yang rendah serta tidak adanya lemak jahat dalam manggis juga membuatnya sangat cocok untuk dikonsumsi siapapun yang sedang melakukan program diet.

5. Menjaga Tekanan Darah dan Detak Jantung tetap Stabil
Kandungan mineral yang bermanfaat, yakni Potasium dan Magnesium sangat bermanfaat sekali dalam menjaga tekanan darah dan jantung, agar tetap sehat dan prima.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal kita bisa menyeduh potongan kulit manggis. Caranya, kulit manggis dipotong-potong, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Saring air rebusan kulit manggis dan konsumsi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari.
Efek Samping Buah Manggis

Manfaat buah manggis bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun dibalik manfaat buah manggis yang menyehatkan, ternyata buah ini juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Untuk itu Anda harus berhati-hati dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Jika diperlukan, lakukan konsultasi dengan dokter kesehatan Anda agar mendapat saran terbaik dalam mengonsumsi buah manggis.

Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa pantangan dalam mengonsumsi buah ini.

  1. Jangan mengonsumsinya bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung gula. Dikatakan demikian karena kandungan gula dalam manggis dan minuman / makanan lain akan bereaksi dan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Di antaranya, yaitu mabuk yang ditandai dengan rasa mual, muntah, vertigo, pusing dan mata terasa berat. Dampak lain yang ditimbulkan, yaitu meningkatkan gula darah secara drastis. Tentu saja hal tersebut akan memicu timbulnya penyakit seperti diabetes dan obesitas. Hal tersebut berkaitan erat dengan tingginya glukosa yang ada di dalamnya.
  2. Jangan mengonsumsinya bersamaan dengan buah durian. Akibat yang akan ditimbulkan tidak berbeda jauh seperti ketika memakannya bersamaan dengan gula. Pasalnya durian memiliki kandungan gula tinggi dan juga alkohol yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

Itulah beberapa manfaat buah manggis yang perlu anda ketahui. Tapi bagaimanapun juga Anda harus berhati-hati saat mengolah buah menggis, karena kulit manggis bisa saja tidak higienis karena terpapar pestisida yang disemprotkan petani untuk mengusir hama dari pohon manggis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan