Beranda Manfaat Buah Tak Hanya Dijadikan Cemilan, Melinjo Juga Berkhasiat Bagi Kesehatan!

Tak Hanya Dijadikan Cemilan, Melinjo Juga Berkhasiat Bagi Kesehatan!

0
260

GadoGadoAsin.com – Melinjo ( Gnetum gnemon ) merupakan jenis tanaman dari keluarga Gnetaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan Pasifik. Buah, daun dan bunga melinjo biasanya dapat dijadikan sayur seperti sayur asam, sedangkan buahnya selain dapat dijadikan sayur, juga dapat dijadikan kerupuk seperti kerupuk emping.
melinjo
Tanaman ini bisa di tanam di pekarangan rumah tanpa harus di budi dayakan di sebuah lahan, apalagi mengingat manfaat yang dikandungnya banyak dan bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Pohon melinjo mempunyai batang besar tegak dengan adanya banyak cabang yang dipenuhi dengan daun-daun kecil memanjang. Ukuran tinggi pohon melinjo mencapai 25 mtr.. Ciri-ciri daun halus serta mempunyai permukaan yang lembut. Daun muda mempunyai warna hijau muda sedangkan daun yang telah tua dapat berwarna hijau kebiruan.

Kandungan Gizi Melinjo

1. Sumber Protein
Buah melinjo memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, protein nabati memiliki khasiat yang sama dengan protein hewani. Untuk itu Anda dapat memilih melinjo untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.
Protein sangat diperlukan tubuh untuk membangun jaringan sel baru yang telah rusak. Selain itu protein juga berperan penting untuk membangun sel tubuh untuk aktivitas otak dalam berpikir. Kekurangan protein akan melemahkan daya pikir seseorang.

2. Sumber Mineral
Buah dan daun melinjo merupakan sumber mineral, terutama kalsium, zat besi dan fosfor. Kalsium melinjo termasuk unggul, untuk itu Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih sayuran ini sebagai sumber kalsium. Kalsium bersama fosfor sangat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu kalsium sangat diperlukan untuk kontraksi otot dan pembekuan darah.

Protein sangat penting untuk kelangsungan proses pembentukan energi yang berasal dari karbohidrat. Jika ketersediaan fosfor tidak memadai, makanan yang masuk kedalam tubuh akan percuma tidak akan terbentuk menjadi energi. Akibatnya metabolisme tubuh akan terhenti. Jika hal ini terjadi, maka sebagian makanan akan terbuang percuma dan sebagian lagi akan tertimbun menjadi lemak.

3. Kaya Vitamin A dan Vitamin C
Daun melinjo sangat kaya akan vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan tulang. Penyerapan kalsium sangat tergantung dengan vitamin A. Karena itu jika tubuh kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyerapan kalsium terganggu.

Selain daun melinjo kaya vitamin A, daun melinjo juga kaya kandungan vitamin C. Namun vitamin C pada daun melinjo mudah rusak, disarankan untuk tidak menyimpan daun melinjo terlalu lama.

Manfaat Melinjo Untuk Makanan dan Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh tanaman melinjo, mulai dari batang , daun hingga buahnya. Berikut ini beberapa manfaat tanaman melinjo :
1. Daun sebagai sayuran
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa salah satu manfaat tanaman melinjo adalah sebagai bahan sayuran.
Daun yang biasa di sebut dengan nama daun So ini banyak sekali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pembuatan sayur seperti sayur asam dan gulai, rasanya juga memiliki ciri kasa yang nikmat dan sedap seperti kemangi.

2. Biji sebagai bahan dasar emping
Manfaat yang di berikan tanaman melinjo dari si bijinya adalah sebagai bahan dasar pembuatan emping melinjo. Emping melinjo ini memang dikenal memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu rasa pahit dan gurih karena telah tercampur oleh garam saat pembuatannya.

Bisanya pembuatannya biji melinjo sendiri awalnya di rebus hingga matang baru di bersihkan kulitnya baru ditumbuk hingga tipis baru kemudian di jemur hingga kering dan langsung di goreng, jika tidak ingin di rebus bisa di bakar bijinya. Namun, banyak yang bilang kalau terlalu banyak memakan emping ini akan menyebabkan terserang asam urat akibat puri berlebih yang di kandungnya.

3. Pencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung jadi salah satu penyakit pemicu kematian paling tinggi didunia. Penyakit ini memanglah tidak gampang dikenali lantaran kerap berlangsung secara mendadak serta tanda-tanda yang tidak gampang tampak. Untuk menangani hal semacam ini dapat dengan konsumsi buah melinjo dengan teratur dapat kurangi kemungkinan penyakit jantung. Kandungan antioksidan serta flavonoid sangatlah baik untuk melindungi kesehatan jantung.

4. Menjaga Ketahanan Tubuh
Pada biji melinjo terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yaitu berupa polifenol. Terdapat dua macam polifenol pada biji melinjo, yaitu strobili dan resveratrol. Antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan tubuh akibat pengaruh buruk radikal bebas.

5. Mencegah penuaan dini
Penuaan pasti akan terjadi, tapi agak tidak nyaman jika penuaan terjadi sejak dini, akibatnya kulit menjadi tidak elastis lagi, terdapat bintik – bintik hitam dan kulit juga semakin keriput keadaannya, biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Maka dengan mengonsumsi buah melinjo secara teratur dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

6. Mengobati Anemia
Penyakit anemia dapat berlangsung lantaran badan kehilangan beberapa sel darah merah yang dapat mengakibatkan tidak ada oksigen yang cukup pada badan. Lalu anemia bakal mengakibatkan badan jadi lebih lemah, capek, serta tidak semangat. Sakit kepala serta pusing jadi masalah paling utama yang mengakibatkan badan jadi makin lemah. Mengkonsumsi buah melinjo dapat tingkatkan jumlah sel darah merah hingga dapat menolong menangani anemia.

Efek samping konsumsi buah melinjo

Mengkonsumsi buah melinjo memanglah paling di kenal sebagai makanan ringan dengan beragam rasa. Mengkonsumsi makanan ringan mungkin saja umumnya banyak disenangi hingga kerap dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Baiknya kita juga mengontrol mengkonsumsi makanan ringan untuk kurangi efek sampingnya.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat luar biasa buah melinjo bagi kesehatan. Semoga artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan