Khasiat Tersembunyi Buah Mengkudu Yang Wajib Diketahui

0
34

GadoGadoAsin.com – Buah mengkudu berasal dari Asia tenggara dan masuk dalam famili rubiaceae. Buah mengkudu banyak dijumpai di daerah dataran rendah hingga ketinggian maksimal 1500 meter di atas permukaan air laut. Jika di daerah saya, jarang sekali dijumpai pohon mengkudu yang dirawat baik oleh si pemilik, banyak sekali yang hidup liar di pekarangan terbuka. Meski begitu pohon mengkudu ini bisa tumbuh subur dan bisa menghasilkan buah berkualitas baik. Buah mengkudu sangat terkenal hingga ke pelosok daerah, di Jawa seperti tempat saya tinggal banyak yang menyebutnya dengan sebutan Pace, di Sunda mengenal buah ini dengan sebutan Cangkudu, sedangkan di pulau bali buah ini dikenal dengan sebutan Tibah.
mengkudu
Produk olahan buah mengkudu tidak hanya berbentuk jus atau sari buah saja, tetapi juga berupa serbuk buah tanpa biji, serbuk atau kopi biji dan dikemas dalam kapsul yang banyak dijual di pasar tradisional di Jawa Tengah. Untuk sari buah, proses pengolahan yang banyak dilakukan meliputi penyimpanan buah mengkudu dikombinasikan dengan pengepresan atau hanya pengepresan saja.

Kandungan Zat Dalam Buah Mengkudu

Kandungan zat yang ada pada buah mengkudu bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, beberapa kandungan yang ada di dalamnya diantaranya adalah sebagai berikut :
Nutrisi
Nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu adalah protein, vitamin, serta berbagai mineral seperti selenium, dan senyawa-senyawa lainnya.

Terpenoid
Zat ini berperan sebagai sintesi organik serta sebagai zat pemulihan sel-sel tubuh kita.

Scolopetin
Scolopetin ini berfungsi sebagai zat anti peradangan dan obat anti alergi yang ampuh

Zat anti bacteri
Sari buah mengkudu ternyata juga mempunyai kandungan Zat anti bakteri, Zat-zat mempunyai kegunaan dalam membunuh beberapa bakteri penyebar aneka infeksi ke tubuh.

Artikel menarik lainnya:  5 Manfaat Buah Duku Yang Jarang Anda Ketahui !

Zat Anti Kanker
Zat ini berfungsi untuk melawan sel-sel abnormal penyebab kanker.

Zat Asetil
Berperan untuk mematikan kuman

Zat Moridon
Zat moridon ini sangat berperan penting dalam melancarkan kita untuk buang air besar (BAB).

Zat soranjidiol
Zat yang satu ini mempunyai peran untuk melancarkan proses buang air kecil.

Zat terpenes
Terpenes mempunyai peranan penting untuk meramajakan berbagai sel-sel yang ada dalam tubuh.
Jenis senyawa fitokimia pada mengkudu dan manfaatnya

Buah:
Alkaloid : (xeronin) Meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein, mengaktifkan fungsi kekebalan tubuh.

Polisakarida (asam glukoronat, glikosida) : Imunostimulan, antikanker, antibakteri.

Skopoletin : Memperlebar pembuluh darah, analgesik, antibakteri, antifungi, antiradang, antihistamin.

Vitamin C : Antioksidan.

Serat makan : Menurunkan kolesterol, mengikat emak, mengatur kadar gula darah.

Daun:
Glikosida (flavonol glikosida) : Obat cacing, TBC

Akar:
Antrakuinon (damnakantal) : Antikanker, antibakteri, antiseptik

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Meski penampilannya yang kurang menggoda selera, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Berikut beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan :
1. Menurunkan risiko encok
Encok adalah sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

2. Melancarkan Pencernaan
Buah mengkudu dipercaya bisa melancarkan pencernaan. Jika anda ingin pencernaan sehat dan lancar bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur. Berbagai penyakit pencernaan seperti mutah-mutah, luka usus, perut kembung serta radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Satu lagi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang hadir dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Artikel menarik lainnya:  8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Anda

Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

4. Mengendalikan tekanan darah
Buah mengkudu bisa anda manfaatkan untuk mengendalikan tekanan darah. Buah mengkudu bisa dibuat jus kemudian diminum untuk mengendalikan tekanan darah.

5. Menghambat Radikal Bebas
Beberapa peneliti telah melakukan pengujian aktivitas antioksidan buah mengkudu untuk mengetahui mekanisme efek pencegahan kanker. Hasil penelitian membuktikan bahwa jus mengkudu sangat potensial untuk menghambat radikal bebas. Aktivitas antioksidan jus mengkudu dibandingkan dengan tiga jenis antioksidan yang sudah dikenal yaitu vitamin C, bubuk biji anggur dan piknogenol, yang diukur dengan menggunakan aktivitas penghambatan superoxide anion radicals (SAR), adalah 2,80x lebih kuat dari vitamin C, 1,40x lebih besar dari piknogenol, dan 1,10x lebih besar dari biji anggur.

6. Mengobati Tumor Dan Kanker
Zat Aktif dalam buah mengkudu yang dapat menghambat sel kanker dan tumor. Karena suplai terhambat, maka tumor dan kanker dapat dimatikan.

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat buah mengkudu bagi kesehatan. Semoga dengan memanfatkan kandungan zat yang ada di dalam buah mengkudu ini anda dapat sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkan khasiat yang ada pada buah mengkudu anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu dengan berbagai macam cara, ada yang dimakan langsung, dibuat jus segar dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk anda. Mulailah hidup sehat !