Home Manfaat Buah Manfaat Fantastis Dari Buah Nanas Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Fantastis Dari Buah Nanas Untuk Kesehatan Anda

0

Nanas yang dalam bahasa inggris disebut dengan Pineapple ini memiliki nama ilmiah Ananas comosus yang masih termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas.

Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Perlu diketahui, bahwa buah nanas dulunya merupakan buah yang berasal dari penduduk pribumi Paraguay lokal Amerika Selatan. Lalu dibawa oleh Columbus ke Spanyol saat setelah menemukan benua Amerika pada tahun 1493. Setelah itu, buah nanas menyebar sampai ke seluruh dunia oleh pelaut Eropa pada abad ke- 15 dan ke- 16. Bertujuan sebagai perlindungan dari penyakit yang diakibatkan kekurang mengonsumsi vitamin C, biasa disebut penyakit scurvy.

Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang lezat, buah nanas juga memiliki beragam kandungan dan manfaat di dalamnya. Salah satu manfaat buah nanas yang paling umum adalah dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Mendapatkan manfaat buah nanas tidak selalu berarti Anda harus makan langsung buahnya. Anda juga bisa menikmati buah nanas dengan membuat jus nanas, puding, atau salad buah.

Kandungan Gizi Buah Nanas

  • Buah nanas merupakan buah yang sarat dengan kandungan vitamin C dan mangan. Satu buah nanas mampu menyediakan lebih dari jumlah harian vitamin C dan mangan yang direkomendasikan.
  • Manfaat vitamin C pada buah nanas sangat berkaitan dengan proses pertumbuhan, serta perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Sedangkan, manfaat mangan pada buah nanas, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis dan meringankan beragam gejala penyakit tulang.
  • Selain itu, buah nanas juga memiliki kandungan bromelain, yaitu sebuah enzim yang diteliti dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan, seperti pada sinusitis, radang tenggorokan, atau radang sendi. Dan jika Anda makan nanas bersama dengan makanan lain sebagai pelengkap atau pencuci mulut, maka bromelain dapat membantu mencerna protein, serta berpotensi mengurangi kembung.
  • Gizi yang terkandung pada buah nanas hampir setara dengan apel, karena di setiap 100 g buah nanas mengandung sekitar 50 kalori. Salah satu sumber serat yang larut dan tidak larut seperti pektin. Dan juga daging yang terkandung didalamnya tidak terdapat lemat jenuh maupun kolesterol.
  • Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

    Buah tropis ini memberikan banyak manfaat bagi anda yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat Buah Nanas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Mencegah kanker usus

    Makan buah nanas untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

    2. Membantu pencernaan dan mengurangi peradangan

    Buah nanas dinilai dapat membantu mengatasi peradangan dan gangguan pencernaan. Hal itu dikarenakan adanya kandungan bromelain pada nanas. Bahkan, menurut penelitian bromelain juga dapat membantu meringankan peradangan yang terkait dengan kolitis ulseratif.

    3. Mencegah Penyakit Asma

    Risiko penyakit Asma akan berkurang pada orang yang mengkonsumsi nutrisi atau gizi tertentu dalam jumlah besar. Salah satu gizi yang dapat mencegah penyakit Asma adalah Beta Karoten. Beta Karoten yang terkandung dalam buah-buahan seperti Nenas dapat mencegah timbulnya penyakit Asma.

    4. Pencegahan Katarak

    Vitamin C yang terkandung dalam nanas berguna untuk menghindari masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak.

    5. Menurunkan Tekanan Darah

    Buah nanas mengandung kalium yang bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

    6. Menyegarkan Tubuh
    Buah nanas juga dipercara mampu menjadikan tubuh lebih segar. Rasa lelah yang dialami sesorang bisa segera hilang dengan meminum jus nanas. Maka dari itu kita dianjurkan untuk menjadikan buah nanas sebagai makanan dan minuman rutin setiap hari.

    7. Menurunkan Berat Badan

    Buah nanas mengandung enzim proteiolitik yang dapat menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Buah nanas juga mengandung vitamin C-nya yang dapat membantu proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

    8. Menjaga kesehatan kulit dan tulang
    Kandungan mangan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terhadap sinar UV. Selain itu, mangan membantu mencegah osteoporosis, serta meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.

    9. Menjaga Kesehatan Jantung

    Serat, Vitamin, Kalium (Potassium) yang terkandung dalam buah nenas dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 4.069 mg kalium (potassium) per hari akan menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung sebesar 49% dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi Kalium (Potassium) kurang dari 1.000 mg per hari. Kalium atau Potassium juga dapat menurunkan risiko Stroke dan mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

    Efek samping konsumsi buah nanas

    Selain buah nanas baik untuk pencernaan, tapi tidak baik juga kalau mengonsumsinya berlebihan. Anda mungkin akan merasakan bengkak dan agak gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh sifat daging nanas itu sendiri yang panas, biasanya akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi Anda memang alergi buah nanas.

    Sedangkan untuk wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran. Tentu saja bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan nanas. Bromelain dalam level membahayakan ini baru bisa didapat jika Anda melahap dua buah nanas utuh sekaligus.

    Itulah berbagai kandungan dan manfaat dari buah nanas. Semoga dengan ini anda bisa rutin untuk mengonsumsi buah nanas. Karena penting untuk menunjang kehidupan dan kesehatan tubuh, mengkonsumsi dengan sesuai aturan. Semoga artikel ini bermnafaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Exit mobile version