Inilah Manfaat Konsumsi Buah Pepaya Guna Kesehatan Tubuh

0
29

GadoGadoAsin.com – Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di Indonesia maupun di dunia ini. Pepaya atau dalam nama latinnya disebut sebagai Carica papaya merupakan buah tropis asli Amerika Selatan. Buah yang pada awalnya berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara benua Amerika selatan ini merupakan buah tropis yang banyak ditanam di daerah-daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, India, Brasil, Meksiko dan Nigeria.
pepaya
Pohon pepaya ini biasa di tanam di pekarangan rumah atau kebun. Buah pepaya yang sudah matang berwarna orange atau merah muda. Rasanya manis dan mengandung banyak air. Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh soal khasiatnya. Sejak dulu, buah pepaya dipercaya memberikan banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Daging buah pepaya dapat dimasak dan dihidangkan sebagai masakan sayur-sayuran ataupun dapat dimakan segar pada saat buahnya sudah matang. Warna kulit buah pepaya yang berwarna hijau pada saat muda akan berubah menjadi kuning apabila buahnya sudah matang.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Berikut kandungan nutrisi dalam buah pepaya :

  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Kalsium (20 mg)
  • Zat Besi (0.3 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
  • Kalori (39)

Namun yang paling menonjol adalah vitamin C-nya yang mencapai 103 persen kebutuhan harian yang disarankan, lebih tinggi dari jeruk dan lemon. Pepaya juga mengandung serat pangan dan berbagai senyawa fitokimia termasuk likopen dan polifenol. Dalam penelitian pendahuluan, danielone dan fitoaleksin juga ditemukan dalam pepaya. Buah ini pun mengandung pektin yang biasa digunakan untuk membuat jeli. Kandungan magnesium, potasium (kalium), dan kalsium juga ditemukan cukup tinggi dalam pepaya.

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Tak hanya rasa yang nikmat, pepaya menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh anda dengan harganya yang terjangkau. Berikut beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan:
1. Menjaga Kesehatan Tulang
Vitamin K merupakan salah satu nutrisi yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kekurangan asupan vitamin K dapat meningkatkan risiko patah tulang dan beberapa masalah kesehatan tulang. Vitamin K berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang memperkuat dan membangun kembali tulang.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Sebagian orang pasti tahu bahwa manfaat buah pepaya bisa mengatasi sembelit atau susah BAB, maka sangat penting untuk Anda mengonsumsi pepaya setelah makan. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Buah pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Buah pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene dan asam amino esensial yang memengaruhi fungsi sel.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

4. Baik untuk perawatan dan kesehatan kulit
Pepaya mengandung vitamin A dan enzim papain, yang bisa membantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan protein mati, sehingga kulit tampak lebih muda dan bersinar. Pepaya juga dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat di wajah dengan cepat.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Zeaxanthin merupakan senyawa tumbuh-tumbuhan yang terkandung dalam buah Pepaya, senyawa Zeaxanthin tersebut dapat menyaring sinar biru (blue light ray) yang berbahaya bagi mata. Vitamin A, beta karoten, lutein, karotenoid dan Zeaxanthin yang terdapat pada buah pepaya bermanfaat untuk melindungi mata dari kerusakan dan mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia serta mengurangi risiko penyakit mata lainnya.

7. Sebagai cadangan energi
Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

8. Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat lainnya dari buah pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa Anda memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

Dampak Negatif Konsumsi Pepaya

Meskipun manfaat bauah pepaya ini cukup melimpah, namun terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang alergi terhadap bahan lateks, mungkin akan alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung chitanases, yang sering menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut

Asupan diet keseluruhan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tentu saja, mengkonsumsi bahan makanan yang beragam, akan lebih baik daripada berkonsentrasi pada jenis makanan tertentu, sebagai kunci kesehatan yang seimbang.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika anda mengkonsumsi buah stroberi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. So, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan