Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

0
1

GadoGadoAsin.com – Buah pisang (banana fruit) merupakan salah satu jenis buah yang paling populer di seluruh dunia. Pisang adalah buah tropis yang disukai banyak orang. Buah yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai minuman dan makanan. Jika diperhatikan, pisang termasuk buah yang agak berbeda. Teksturnya lembut, rasanya manis, namun tidak segar seperti buah pada umumnya.

Tidak hanya karena rasanya yang enak, melainkan, karena buah ini juga memiliki banyak manfaat. Saat berolahraga misalnya, pisang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi karena kaya gula dan karbohidrat. Tidak hanya itu, pisang juga kaya mineral seperti magnesium yang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh saat berolahraga. Di dunia kecantikan, pisang dikenal sebagai buah yang bisa membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda dan sehat.

Buah pisang juga salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di kawasan yang memiliki iklim panas dan lembab seperti Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Papua, Amerika Selatan dan Afrika. Tanaman Pisang yang berdaun besar dan memanjang ini menghasilkan buah yang tersusun tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir. Buah Pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Banana ini merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, banyak gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia terdapat pada buah pisang ini.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita. Jika kita kehilangan energi setelah berolahraga, maka kita bisa menggantinya dengan pisang. Selain itu, pisang juga bisa dijadikan alat untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

Vitamin C
Seperti buah lainnya, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C, lo, Teman-teman. Satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C. Itu setara dengan 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian bagi tubuh kita. Seperti teman-teman tahu, vitamin C itu bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh kita.

Potassium
Buah ini terkenal akan kandungan potasiumnya. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium sebanyak 400 mg. Potassium adalah zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Selain itu, potassium juga bisa mencegah kram otot setelah berolahraga.

Serat
Tubuh memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat bisa anda dapatkan dari pisang, karena satu buah pisang mengandung 3 gram serat. Bagi anda yang gampang merasa lapar, sepertinya anda harus makan pisang, karena serat dalam pisang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Vitamin B6
Vitamin B biasanya didapatkan dari produk hewani. Namun, vitamin B6 yang disebut dengan pyridoxine bisa didapatkan dari pisang. Vitamin ini digunakan tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru. 35 % kebutuhan harian akan vitamin B6 bisa dipenuhi dengan satu buah pisang.

Mangan
Ternyata, pisang juga mengandung mangan. Mangan adalah sebuah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme. Setiap hari, orang dewasa memerlukan mangan sebanyak 1,8 hingga 2,3 mg. Kebutuhan mangan itu bisa anda penuhi dengan mengonsumsi pisang.

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan di atas, pisang juga mengandung nutrisi lain, seperti magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin E, folat, karoten, dan asam amino.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu :

1. Membantu saluran pencernaan
Serat tinggi yang dimiliki buah Pisang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Buah Pisang mengandung Pati Resisten (Resistant Starch) dan Pektin merupakan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada saluran usus. Konsumsi Pisang juga dapat menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari sembelit.

2. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Tentu saja, pola makan ini harus diimbangi juga dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Seperti buah-buahan lainnya, buah pisang juga mengandung antioksidan dan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Katarak, rabun senja dan glaukoma dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah pisang yang cukup.

4. Menurunkan berat badan
Satu buah pisang bisa memenuhi 10% kebutuhan serat harian anda. Kandungan serat soluble dan insoluble serta pati resisten yang terdapat pada buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Serat soluble misalnya, berguna untuk memperlambat proses mencerna makanan, memperlama rasa kenyang, dan mencegah gula darah naik.

Sedangkan serat insoluble, bermanfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus sehingga buang air besar jadi lebih lancar. Dan yang terakhir, pati resisten. Berguna untuk meningkatkan metabolisme lemak tubuh. Sehingga bobot tubuh mudah turun dan tubuh pun akan jadi lebih mudah langsing.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit Jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Pisang yang kaya akan Potassium (Kalium) ini dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang stabil. Menurut beberapa penelitian, asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari dapat menurunkan 26% risiko terkenanya penyakit jantung. Di samping itu, buah pisang juga mengandung Antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Manfaat buah pisang untuk kecantikan kulit

Pisang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Melainkan, buah yang terasa lezat dan sering digunakan sebagai campuran berbagai macam kue dan roti ini juga sangat baik apabila dimanfaatkan sebagai obat luar seperti skinpack (masker wajah). Berikut adalah 4 manfaat utama pisang untuk kesehatan kulit, yaitu :

1. Pelembab alami
Pisang bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit karena kaya kalium dan moisture. Kandungan tersebut akan menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lentur dan lembut. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang kering dan mengelupas, terapkan saja masker buah pisang di seluruh wajah Anda.

Cara membuat masker buah pisang untuk mengatasi kulit kering :

  • Sediakan satu buah pisang yang sudah matang dan satu mangkok berukuran kecil
  • Lumat atau lembutkan pisang tersebut dengan menggunakan garpu
  • Lalu terapkan ke seluruh kulit wajah (hindari daerah sekitar mata dan mulut)
  • Diamkan selama 10 menit 15 menit kemudian bilas dengan air dingin

2. Mengontrol kelebihan minyak
Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, Anda bisa memanfaatkan masker pisang untuk mengatasinya. Pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai exfoliator untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi sebum berlebihan. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan kalium, vitamin A dan vitamin C, serta moisture, yang secara khusus bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Cara memanfaatkannya :

  • Lembutkan pisang yang sudah matang dengan menggunakan garpu lalu,
  • Tambahkan 1 sdm (sendok makan) madu mentah dan setengah sdt (sendok teh) air lemon (aduk rata)
  • Terapkan ke seluruh bagian kulit wajah selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan dan bilas dengan air dingin.

3. Mengatasi dan mencegah agar jerawat tidak datang kembali
Baik daging pisang maupun kulitnya, bisa dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat atau untuk mengatasi agar jerawat tidak datang kembali. Anda bisa langsung menerapkan bagian dalam kulit pisang ke kulit yang berjerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daging pisang untuk mengatasi jerawat dengan cara:

  • Buatlah masker pisang dengan menumbuk pisang yang sudah matang
  • Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan madu
  • Kemudian terapkan di kulit wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin

4. Menyamarkan bintik bintik hitam atau bintik-bintik gelap
Bintik-bintik gelap di wajah, entah itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik karena usia, atau bintik-bintik hitam karena salah menggunakan kosmetik, semuanya bisa Anda atasi/samarkan dengan memanfaatkan masker pisang. Caranya: Terapkan masker pisang setidaknya dua kali seminggu ke seluruh wajah.

Dalam dunia kesehatan, keberadaan pisang ternyata membawa banyak harapan karena dapat mengobati penyakit kuning, sakit kepala, dan cacar air. Bahkan, pisang sangatlah bagus untuk proses pembentukan tubuh, membantu kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah. Bagi para wanita hamil, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur.

Itulah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan dan kecantikan anda. . Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. So, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan