Home Manfaat Buah Inilah Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Plum Yang Jarang Anda Ketahui

Inilah Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Plum Yang Jarang Anda Ketahui

0
66

GadoGadoAsin.com – Buah plum adalah salah satu makanan superfood. Plum termasuk ke dalam keluarga rosaceae yang juga mencakup buah persik, aprikot, dan nectarine. Plum merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Cina, begitu juga di Indonesia dikarenakan kandungan gizi yang terdapat pada buah plum sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini tergolong buah impor dan bisa dibilang keberadaannya pun masih langka di negara kita. Buah yang dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau yang dikeringkan, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
buah plum
Di dunia, terdapat dua jenis utama tanaman plum, yakni Plum Eropa dan Plum Asia Barat. Plum Eropa memiliki ciri berwarna merah tua keunguan, agak empuk, manis, namun kurang berair. Sementara Plum Asia Barat berwarna hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis dan berair banyak.

Kandungan Gizi Buah Plum

Banyak sekali kandungan gizi di dalam buah plum. Plum banyak mengandung senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan. Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum adalah sebagai berikut ini :

  • Plum mengandung vitamin dan mineral.
  • Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  • Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan antioksidan.
  • Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

    1. Menjaga kesehatan jantung
    jantung
    Plum adalah sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu rutin mengonsumsi plum atau versi jusnya dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

    Artikel menarik lainnya:  Mahkota Dewa, Tanaman Obat dengan Berjuta Manfaat!

    2. Sebagai Antioksidan

    Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Jangan heran, karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat inilah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

    Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

    3. Mengatasi obesitas dan dapat menurunkan berat badan.
    obesitas
    Plum juga dapat mengatasi obesitas. Obesitas yang sudah parah akan menimbulkan berbagai penyakit, contohnya stroke, jantung, dan diabetes. Khasiat plum untuk komplikasi ini adalah menyerang secara langsung sindrom metabolic dengan senyawa flavonoid dan fenolix yang ada pada buah ini.

    Plum kering memiliki manfaat untukmelancarkan buang air besar, mencegah kanker usus, dan membuang lemak membandel. Plum buah kering ini, mengandung antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan mengurangi penyerapan lemak.

    4. Mencegah anemia
    anemia
    Sesak napas, mudah tersinggung, kulit pucat, dan kelelahan adalah tanda-tanda anemia ringan. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk membuat sel darah merah yang sehat, tubuh Anda membutuhkan cukup asupan zat besi. Plum adalah sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 % kebutuhan harian zat besi tubuh.

    Artikel menarik lainnya:  Inilah Manfaat Blewah Yang Belum Anda Ketahui

    5. Meningkatkan ketajaman otak
    ketajaman otak
    Selain berperan memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kanker, antioksidan penting dari buah plum dapat mencegah pikun karena membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak. Untuk meraih manfaat buah plum yang satu ini, cukup rutin makan 3-4 buah sehari.

    6. Mengobati osteoporosis
    osteoporosis
    Buah plum kering merupakan sumber penting dari mineral boron, yang bisa membantu membangun tulang dan otot yang kuat. Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

    Plum bahkan dipercaya berpotensi sebagai pengobatan osteoporosis. Studi gabungan dari Florida State University dan Oklahoma State University menunjukkan bukti bahwa plum kering dapat mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan osteoporosis. Manfaat buah plum untuk kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

    Efek samping konsumsi buah plum

    Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi buah plum? Tapi perlu diingat anda tidak boleh mengkonsumsi buah plum secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung juga sembelit. Asupan serat berlebihan juga dapat menyebabkan diare.

    Ternyata begitu banyak manfaat dari buah plum ini. Namun, keberadaannya di Indonesia yang masih tergolong langka menjadi kendala untuk bisa menikmatinya secara rutin. Kalaupun ada, jangan heran jika harganya cukup mahal. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. So, mulailah hidup sehat !