Si Buah Mungil Segudang Manfaat, Arbei !

0
10

GadoGadoAsin.com – Arbei, dikenal juga dengan nama stroberi kebun, merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemui dan dikonsumsi bagian buahnya oleh banyak masyarakat Indonesia. Arbei memiliki rasa yang enak dengan paduan rasa manis dan asam yang menyegarkan, tak heran buah ini banyak digemari kalangan masyarakat. Tidak hanya itu saja, buah arbei ini ternyata menyimpan segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.
buah arbei
Arbei atau sering disebut murbei ini biasanya banyak tumbuh liar di daerah pedesaan. Pohon arbei mempunyai banyak manfaat sehingga kini cukup banyak ditanam. Pemanfaatan tanaman arbei yang paling terkenal adalah daun arbei yang digunakan untuk bahan pakan ulat sutra. Biasanya buah arbei kurang mendapat perhatian karena pemanfaatan daunnya dianggap lebih menguntungkan. Namun, siapa sangka bahwa buah arbei yang ukurannya kecil ternyata juga bermanfaat bagi tubuh kita.
Kandungan Gizi Buah Arbei
Berdasarkan data dari Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), setiap 100 gram buah arbei memiliki kandungan berupa:

  • Air sebanyak 89.9 gram.
  • Vitamin B1 sebanyak 0.003 mg.
  • Vitamin A sebanyak 60 SI.
  • Fosfor sebanyak 27 mg.
  • Kalsium sebanyak 28 mg.
  • Asam folat sebanyak 30 mcg.
  • Karbohidrat sebanyak 8.3 gr.
  • Lemak sebanyak 0.5 mg.
  • Protein sebanyak 0.8 gr.
  • Energi sebanyak 37 kkal.

Dengan adanya kombinasi dari berbagai kandungan buah arbei tersebut maka tidak mengherankan jika buah arbei sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Banyak kandungan buah arbei yang bervariasi, hal tersebut tentunya membawa segudang manfaat bagi kesehatan diantaranya :
1. Mengatasi Sariawan
Buah arbei mengandung kadar vitamin C yang tergolong cukup tinggi, sehingga dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C pada tubuh Anda. Oleh karena itu, tidak heran jika hal ini dapat membantu Anda mengatasi sariawan setelah Anda rutin mengonsumsi buah arbei ini.

2. Menjaga Dan Merawat Kulit Wajah
Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah arbei itu juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit, terutama pada bagian kulit wajah. Buah arbei juga mempunyai kandungan vitamin C yang tidak kalah dengan kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah lainnya seperti buah jeruk.

Untuk menggunakan buah arbei sebagai bahan untuk merawat kesehatan kulit, anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah arbei yang sudah matang, setelah itu haluskan dan ambil bagian sari buah dari arbei. Setelah itu campurkan sedikit mentega lalu aduk sampai rata, jika sudah langsung oleskan pada bagian kulit wajah dan diamkan selama beberapa menit sekitar 20 menit. Jika sudah kamu bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan air atau dengan sabun muka.

3. Memulihkan Stamina Tubuh
Buah arbei mengandung berbagai senyawa mineral yang dapat membantu memulihkan stamina tubuh setelah Anda melalui berbagai aktivitas yang melelahkan. Bahkan menurut para ahli herbal, buah arbei juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Gigi.
Wanita identifk memiliki penampilan yang indah serta cantik, namun itu tidaklah hanya dari kulit yang cerah dan sehat saja, tapi juga harus di topang dari gigi yang sehat dan putih. Jika gigi kita terawat kesehatannya maka kecantikan kalian pasti akan lebih lengkap dan kalian juga pasti akan lebih pede lagi untuk menyebar senyuman kepada orang-orang yang ada didekat anda. Oleh sebab itu jangan ragu-ragu lagi untuk lebih rutin lagi mengkonsumsi buah arbei setiap hari. Karena arbei ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan manfaat kalsium dan fosfor pada arbei juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi.

5. Mencegah Sembelit
Manfaat buah arbei lainnya adalah membantu pencegahan sembelit. Hal ini dikarenakan buah arbei kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, buah ini juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk penurunan berat badan.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari buah arbei, apakah anda tertarik mencobanya? Meskipun buah ini mungil, tetapi kaya akan manfaat bukan ? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan