Susah BAB ? Anda Wajib Konsumsi Buah Ini !

0
15

Salak adalah buah yang batangnya mirip dengan batang sawit. Nama Latin buah ini adalah Salacca zalacca. Buah salak ini memiliki warna kulit kecoklatan dan juga bersisik tajam. Namun daging buah salak yang berwarna putih ini ternyata mengandung nutrisi yang cukup tinggi.
buah salak
Salak atau Salacca zalacca dalam bahasa latinnya, merupakan tumbuhan jenis palma dengan buah yang bisa dimakan. Buah salak memang tidak setenar apel, jeruk, atau pisang. Meskipun, begitu buah salak juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, banyak ahli gizi yang merekomendasikan untuk mengonsumsi buah salak. Buah salak banyak dimanfaatkan sebgai bahan dasar pembuatan sirup, manisan dan selai. Kulit ari buah salak juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Buah Salak

Buah salak memiliki banyak kandungan gizi, diantaranya yaitu energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, serat, beberapa gram vitamin B dan mineral.Buah salak identik dengan warna coklat pada kulitnya yang disertai dengan duri halus. Daging buahnya berwarna putih dengan biji buah berwarna sama seperti kulit buahnya. Rasa buah salak bervariasi, ada yang manis dan ada juga yang manis bercampur dengan sedikit asam namun tetap lezat untuk dinikmati.

Berikut kandungan gizi per 100 gram dalam buah salak :

  • 368 kk energi
  • 0,8 gr protein
  • 90,3 gr karbohidrat
  • 0,4 gr lemak
  • 38 mg kalsium
  • 31 mg fosfor
  • 3,9 mg zat besi
  • 8,4 gr vitamin C
  • serat
  • beberapa gram vitamin B dan mineral

Manfaat Komponen Buah Salak

1. Karbohidrat
Karbohidrat ini merupakan sumber energi utama yang disediakan melalui konsumsi makanan sehari-hari. Dalam bahan pangan fungsi karbohidrat memberi rasa, aroma, warna dan tekstur. Misalnya rasa manis buah pisang setelah buah menjadi tua, warna coklat daging buah jika terkena udara dan dimasak (salak, apel, anggur). Karbohidrat terdapat dalam tiga bentuk yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.

2. Protein
Protein merupakan zat gizi yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh serta pengatur metabolisme. Protein dalam bahan pangan disebut protein essensial karena tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia dan dapat berasal dari pangan hewani maupun nabati. Ada sekitar 10 jenis protein essensial yang harus diperoleh dari bahan pangan. Dalam proses pengolahan makanan, protein akan mengalami kerusakan akibat panas, goncangan reaksi kimia dengan asam atau basa kuat.

3. Lemak
Lemak merupakan komponen bahan pangan yang penting karena merupakan bahan
pelarut vitamin A, D, E, dan K. Lemak merupakan persenyawaan antara asam lemak dan gliserol serta ditemukan pada bahan pangan hewani dan nabati yang juga merupakan sumber protein. Oleh karena itu dalam buah dan sayuran hampir dikatakan tidak terdapat lemak.

4. Vitamin
Vitamin merupakan senyawa organik penting yang terdapat dalam bahan pangan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Jenis vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu larut air dan larut lemak. Pada umumnya bahan pangan sumber vitamin adalah buah dan sayuran, serta memiliki sifat mudah rusak oleh panas, pelarut asam, alkohol dan basa. Oleh karena itu pada pengolahan buah dan sayuran perlu memperhatikan suhu pemanasan dan cara pengemasan.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Tahukah anda, buah salak ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah bersisik ini, yaitu :
1. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan
Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi jika anda makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan anda. Selain enak, buah salak juga mudah dicerna oleh pencernaan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu pencernaan anda agar lebih lancar dan sehat. Anda tidak akan mengeluh karena kesulitan BAB.

2. Menjaga kesehatan mata
Salak mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata, mengonsumsi salak secara teratur adalah pilihan lain selain wortel atau jus tomat. Cukup campurkan daging buah salak dan buat menjadi jus, manfaatnya sama dengan wortel dan jus tomat.

3. Mengobati Mual Pada Ibu Hamil
Memilih menu makanan untuk asupan ibu hamil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk ibu hamil muda, kebanyakan akan mengalami morning sickness atau perasaan mual di pagi hari. Solusinya, bisa dengan buah salak karena rasa ari buah salak dipercaya sangat ampuh untuk mengobati mual pada ibu hamil.

4. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat buah salak juga baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

5. Menjaga Stamina
Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh anda. Stamina tubuh yang prima akan membuat kita siap untuk melakukan aktivitas setiap hari. Manfaat salak untuk stamina tubuh yaitu menjaganya agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Buah ini cocok untuk anda dengan profesi kerja yang cukup berat, ataupun dengan aktifitas diluar kerja yang cukup padat.

6. Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh
Buah bersisik yang padat nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh. Kemudian, buah salak juga mengandung zat beta karoten. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker.

7. Menyeimbangkan kadar gula darah
Manfaat kesehatan lainnya dari salak adalah menyeimbangkan kadar gula darah anda, kulitnya bisa dijadikan teh yang sangat berguna untuk meningkatkan proses pembaharuan sel pankreas. Salak juga mengandung pterostilbene yang sangat berguna untuk menurunkan gula darah di tubuh anda.

Selain dimakan langsung, anda juga bisa menikmati buah salak dengan mengolahnya menjadi asinan atau kripik salak untuk camilan sehari-hari. Itulah beberapa manfaat buah salak yang dapat membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here