Tak Disangka, Inilah Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan Anda !

0
34

GadoGadoAsin.com – Buah cherry (ceri) merupakan bagian dari famili Rosaceae yang juga mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Buah mungil berwarna merah menggoda ini sudah dinikmati sebagai salah satu sajian sehat sejak zaman bangsa Romawi kuno dulu. Buah ceri ini tidak hanya lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan. Buah ini memang lebih sering dijadikan hiasan makanan, terutama kue tart. Karena sulit dibudidayakan di Indonesia, harga ceri terbilang sangat mahal di pasaran.
buah ceri
Buah ceri adalah buah yang mengandung melatonin. Melatonin merupakan senyawa sejenis antioksidan yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Melatonin dapat melewati bagian pelindung otak (sawar otak) dan memberikan efek menenangkan pada otak. Karena itu, melatonin efektif untuk mengobati gejala insomnia dan sakit kepala.

Kandungan Gizi Buah Ceri

Buah ceri memiliki berbagai kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, buah ceri mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, stroke, penuaan, asam urat, diabetes, hingga insomnia. Berbagai senyawa aktif tersebut di antaranya adalah antosianin, melatonin, dan antioksidan. Kandungan zat gizi lainnya pada buah ceri adalah energi, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, asam folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, tiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, zinc, beta karoten, dan lutein-zeaxanthin.

Senyawa lain yang terdapat dalam buah ceri, di antaranya adalah lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Senyawa ini berperan sebagai pelindung terhadap radikal bebas, yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, ceri mengandung perillyl alcohol (POH). Senyawa kimia ini berperan aktif untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan beberapa jenis kanker.

Lalu, apa manfaat penting dari buah ceri ? Berikut beberapa manfaat penting buah ceri :

Manfaat Penting Dari Buah Ceri

1. Menjaga Berat Badan dan Mengurangi Resiko Diabetes serta Kanker
Dengan kandungan serat di dalamnya, manfaat buah ceri adalah juga untuk menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, dan penyakit jantung. Serat juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, serta mencegah penyakit kanker kolorektal.

2. Tidur Menjadi Nyenyak
Buah ceri dapat mengatur tidur seseorang karena kandungan melatonin yang ada didalamnya. Sehingga, mengkonsumsi buah ceri bisa meningkatkan siklus tidur yang baik. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat. Selain itu, zat ini juga berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak dengan mencegah terjadinya mudah lupa. Hal ini sama manfaat coklat bagi tubuh yang memberikan rasa tenang.

3. Kaya antioksidan
Buah ceri mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi stress. Buah ceri juga dapat mencegah penyumbatan darah karena mengandung senyawa flavonoid atau glikisida antosianin.

4. Kaya Vitamin C dan Kalium
Buah ceri merupakan sumber vitamin C dan kalium yang baik. Manfaat buah ceri dengan kandungan kaliumnya adalah mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, pemulihan otot, menjaga hantaran listrik saraf, pencernaan, denyut jantung, dan keseimbangan pH atau asam basa tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin C-nya menjaga sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit kardiovaskular, berbagai masalah kesehatan saat kehamilan, penyakit mata, dan juga keriput pada kulit.

5. Meningkatkan memori atau ingatan
Buah ceri mengandung antosianin yang sangat baik untuk otak dan dapat meningkatkan memori atau ingatan secara signifikan.

Ini nih 5 manfaat kesehatan dari buah ceri. Buah cantik yang sering pose di atas kue tart ini ternyata memiliki banyak manfaat kan ? Yups, meskipun terbilang cukup mahal, tak ada salahnya jika anda mencoba buah ceri segar ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan