Subwoofer Aktif, Tak Sebatas Mengangkat Bass Saja!

0
36

Subwoofer adalah sebuah peranti untuk memproduksi suara mulai dari 10hz sampai dengan 200hz dalam cangkupan frequensi suara yang lengkap terutama untuk musikalitas yang lebih baik. musikalitas yang baik memiliki cakupan rentan frekuensi lengkap dari 20hz-29khz. Dengan kata sub sendiri berarti memiliki spesifikasi yang lebih detail dan mampu menangani nada di bawah bass.
subwoofer aktif rodex
Subwoofer aktif yang desain serta dimensinya dibuat lebih simpel dibandingkan menggunakan box, lebih banyak menjadi incaran pengguna mobil yang tidak menyukai banyak ubahan didalam kabin besutannya.

Fungsi awal peranti tersebut sejatinya memang ditujukan sebagai alat bantu untuk mengangkat suara bass supaya terdengar lebih bertenaga dan enak didengar. Lantaran sistem didalamnya sudah built-in dengan power amplifier sehingga tidak perlu lagi menambah power amplifier eksternal, yang dianggap cukup merepotkan untuk kalangan awam.

Akan tetapi, seiring kebutuhan pemilik kendaraan yang ingin upgrade sound mobilnya secara instan, fungsi dari subwoofer aktif kini tidak sekadar untuk komponen stand alone yang sebatas untuk mengangkat suara bass saja. Tetapi telah dikembangkan menjadi perangkat audio yang mampu men-drive (memaksa) speaker standar supaya lebih bertenaga dan dapat mengeluarkan suara yang lebih baik.

Sebut saja Rodek DV8, komponen active subwoofer dengan sistem kanal 2.1, dan menjadi satu-satunya perangkat yang bisa langsung dikombinasikan dengan audio bawaan dari sebuah mobil. Fungsinya selain untuk penyuplai nada rendah, juga berperan untuk mendongkrak power speaker standar.

“Sebenarnya produk ini merupakan sebuah inovasi dari model subwoofer aktif yang telah ada selama ini. Tetapi untuk memudahkan pemasangan serta meminimalkan kesalahan instalasi dengan speaker standar mobil, terutama kesalahan phase speaker agar tidak terbalik, maka dibuatkanlah subwoofer aktif yang bisa menyesuaikan dengan sistem audio bawaan mobil,” jelas Akang, boss Dharma Audio (DA) agen pemegang merek Rodek di Tanah Air.

Inovasi yang dikembangkan DA ini sebenarnya bisa langsung diterapkan, terutama untuk para pemilik mobil yang masih merasa sayang apabila interior mobilnya sampai harus diacak-acak sekadar untuk upgrade sound system.

Lantaran wiring sudah dirancang socket to socket untuk pemasangan pada head unit bawaan mobil, dan sistemnya dibuat paralel untuk mendorong tenaga tambahan ke setiap speaker pada kabin bagian depan.

Instalasinya, cukup menghubungkan sistem wiring dengan subwoofer aktif dan head unit standar mobil. Active subwoofer sebagai komponen utama menggunakan produk yang sama, Rodek DV8. Yang membedakan hanya soket-soket pada sistem wiring-nya. Sebab harus menyesuaikan dengan soket bawaan kabel audio standar mobil.

Sementara ini, wiring-nya baru diset sebatas buat Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Grand Livina dan untuk semua varian Daihatsu maupun Toyota. “Kami juga sudah berencana untuk melengkapi wiring untuk semua tipe mobil Suzuki dan Honda,” sebut Akang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here