Cara Merubah Tampilan Post Baru WordPress 5.0 ke Versi Lama / Sebelumnya

4
203

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
new post wordpress 5.0
Pada update wordpress versi 5.0 ada perubahan baru yang utamanya terletak pada bagian post editor-nya dimana pada versi terdahulu tampilan yang cukup user-friendly TinyMCE berubah menjadi Block Text yang cukup sulit untuk beberapa user termasuk saya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya merubah tampilan post editor wordpress versi terbaru 5.0 ke tampilan new post versi lama atau sebelumnya yang sudah banyak dikenal oleh pengguna wordpress.

Untuk merubah tampilan new post wordpress ke versi lama kita tidak perlu melakukan downgrade versi wp. Kita hanya perlu menambahkan plugins Classic Editor yang tersedia pada directory wordpress plugin. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkanya sebagai berikut:

1. Login ke Dashboard WordPress
2. Masuk ke Menu Plugin dan Tambah Baru
tambah plugin wordpress
3. Cari Plugin Classic Editor lalu Pasang
cari plugin classic editor
4. Selanjutnya klik Aktifkan Plugin Classic Editor
aktifkan plugin classic editor
5. Setelah plugin Aktif, selanjutnya klik setting
setting plugin classic editor
6. Pada menu setting, silahkan rubah seperti gambar dibawah ini
revert to classic editor

Sampai disini tampilan post editor anda sudah kembali ke versi lawas atau sebelumnya. Semoga tutorial tersebut dapat menjadi jawaban untuk kita yang merasa bingung menggunakan post editor terbaru wordpress 5.0 atau block text. Terimakasih!

4 KOMENTAR

  1. Terimakasih banyak Infonya. tadinya saya bingung ketika akan post seperti biasanya. namun berkat artikel admin saya bisa post dengan tampilan biasanya

  2. waduh dr tadi saya udah muter2, nyari solusi editor post wp rusak…saya tanya ke teman rupanya itu memang tampilan baru… lalu saya cek gugle cari cara mengembalikannya. dan bertemu lah post ini…. thanks gan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here