Inilah Manfaat Buah Makasar Yang Jarang Diketahui!

0
59

GadoGadoAsin.com – Buah Makasar sangat identik dengan sebutan amber merica, dikarenakan bentuk dari buah hampir sama persis dengan bumbu rempah yang satu tersebut. Masih dalam klasifikasi kerajaan Plantae dan nama latin atau ilmiah Brucea javanica. Buah ini hidup liar di hutan serta rasanya yang begitu pahit, banyak dari kalangan masyarakat memanfaatkan buah makasar ini sebagai ramuan obat tradisional.

Buah makasar biasanya tumbuh secara liar di hutan atau di perkebunan dan memiliki rasa yang pahit serta beracun. Di Indonesia tanaman ini memiliki banyak sebutan yang berbeda – beda di setiap daerah, yaitu di Lampung disebut berul, di Medan lebih dikenal malur, orang sunda menyebutnya walot, orang Jawa menyebutnya bom makasar, orang Ambon menyebut nagas, dan di Makassar menyebutnya dengan tambara marica.

Buah makassar bersifat bulat, keras, berukuran 6-10 mm perkiraan dan diameter 4-7 mm. Buah Makasar sangat umum tumbuh di tempat terbuka seperti hutan sekunder ringan dan semak, pinggir hutan dan bahkan di tempat panas di tanah berpasir dan tanah kapur. Buah makassar biasanya berwarna hitam atau coklat saat matang. Umumnya, buah dipanen pada musim gugur dan kemudian dikeringkan. Buah makasar tumbuh di tempat yang beriklim muson dan lembab, dari permukaan laut hingga 900 m dpl.

Kandungan Zat Kimia Buah Makasar

Kandungan senyawa atau zat kimia alami pada buah makasar sangat identik dengan Kosamin, Brusamarin, Brusealin, Yatanin, Gula / glukosa, Yatanosida A dan B, Fenol, Brusein, Brusatol, Tanin, Minyak Lemak, Asam Oleat, Asam Linoleat, Asam Stearat, dan Asam Palmitoleat. Semua kandungan yang sudah disebutkan bisa didapat dari biji dan juga daging buah.

Sedangkan pada buah dan daun tanaman makasar mengandung tanin. Selain itu, manfaat buah makasar juga mengandung bahan kimia seperti Alkaloid (Brucamarine, yatanine). Glukoside (Brucealin, yatanoside).

Manfaat Buah Makasar Untuk Kesehatan

Buah makasar sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Mulai dari akar, daun, biji, dan buah makasar dapat dimanfaatkan. Penyakit yang dapat diobati dengan buah makasar, yaitu
1. Anti inflamasi
Buah makassar telah digunakan untuk mengobati disentri amoeba. Penelitian terbaru telah mengkonfirmasi bahwa buah makassar juga efektif untuk malaria dan penyakit lainnya dengan etiologi parasit. Khasiat anti-inflamasi juga diamati pada model tikus yang mengalami peradangan paru-paru yang disebabkan oleh sporozoit dan Pneumocystis carinii pneumonia. Buah makassar juga telah digunakan untuk mencegah peradangan rektum akut dan peradangan mukosa orofaringeal yang disebabkan oleh radiasi. Namun, mekanisme khusus untuk ini tidak jelas, sehingga penyelidikan lebih lanjut yang komprehensif sangat dibutuhkan.

2. Anti virus
Brucea javanica telah digunakan secara luas untuk mengobati berbagai virus kutil. Hal ini telah menunjukkan kemampuan korosif yang signifikan dalam berbagai jenis kutil, termasuk kutil kelamin, kutil datar, dan kutil jagung. Kutil datar adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh human papillomavirus. Tanaman obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati kondiloma vulva, dengan banyak keuntungan, termasuk onset tindakan yang cepat, kenyamanan, rendah toksisitas, dan iritasi kulit mukosa minimal.

3. Keputihan karena Trichomonas
Rebus atau godok 20 biji buah makasar di pot tanah dengan menambahkan 400cc airCara menggunaan buah makasar untuk pengobati keputihan tidak jauh berbeda dengan menggunakan tanaman herbal lainnya seperti manfaat daun sirih merah. Caranya :

  • Godok hingga air tersisa 10cc
  • Gunakan air tersebut untuk menyemprot daerah vital wanita
  • Cukup menyemprotkan 20 – 40 cc saja setiap sekali penggunaan
  • Apabila keputihannya ringan, cukup menyemprotkan air rebusan 1 kali sehari, tetapi bila keputihannya berat maka ulangi menyemprot hingga 2 -3 kali sehari.

4. Mata ikan atau kutil
Manfaat buah makasar dapat digunakan untuk mengobati kutil dan mata ikan adalah buah makasar. Buah makasar digiling hingga halus. Hasil gilingan dari buah makasar digunakan untuk mengompres mata ikan dan kutil tersebut. Kandungan antiseptik pada buah makasar dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman, sehingga dapat membantu mengobati kutil dan mata ikan.

5. Sakit pinggang
Daun buah makasar dipercaya dapat menyembuhkan sakit pinggang. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus daun buah makasar secukupnya yang sudah di cuci air. Lalu rebusan air tersebut diminum.

Efek Samping Buah Makasar

Konsumsi buah makasar dalam dosis yang besar atau berlebihan dapat mengakibatkan keracunan. Sifat racun yang terdapat dalam buah makasar memang bermanfaat untuk obat pencahar, tetapi hal ini juga dapat membahayakan tubuh. Gelaja yang ditimbulkan apabila seseorang keracunan buah makasar, yaitu :

  • Pernapasan terhambat
  • Mual – mual
  • Pusing
  • Diare, dan
  • Koma

Apabila sudah sangat kronis mengalami keracunan buah makasar ini, maka bisa saja menimbulkan kematian. Untuk ibu hamil dan anak – anak tidak diperbolahkan minum ramuan obat dari buah makasar.

Itulah penjelasan tentang manfaat buah makasar untuk kesehatan tubuh yang sangat berguna untuk mengobati berbagai penyakit dengan cara pengobatan tradisional alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk anda. Mulailah hiudp sehat !

Ajukan Pertanyaan