Tidak Hanya Sebagai Campuran Rujak, Buah Huni Ini Banyak Manfaat !

0
10

GadoGadoAsin.com – Anda pasti sudah mengetahui atau sudah mengenal tentang jenis buah yang satu ini ? Yups, Buah Buni. Buah yang satu ini sering sekali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai salah satu bahan campuran rujak, terutama rujak uleg.
buah huni
Kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat befungsi sebagai antioksidan pencegah kanker dan penuaan dini. Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker kolon. Kandungan vitamin A di dalam buah buni berfungsi menjaga kesehatan mata. Dan vitamin E akan mengencangkan dan meremajakan sel kulit.

Kandungan Nutrisi Buah Buni

Buah buni itu tidak hanya dapat kita manfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan rujak ataupun jus, tetapi juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap dan tentunya tidak kalah lengkapnya dengan jenis buah-buahan lainnya. Dalam buah buni itu terdapat kandungan gizi yang berupa vitamin C, vitamin B1 dan B2, zat besi, kalsium, serat, fosfor, alkaloida dan masih banyak lagi.

Warna ungu kehitaman pada buah buni matang menunjukkan kadar antosianin yang tinggi. Keberadaan senyawa aktif antosianin bernilai penting untuk kesehatan pembuluh darah. Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Selain itu juga buah buni dapat dijadikan sebagai obat penyakit-penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, batuk, gangguan pencernaan, dan lain – lain.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi tentang manfaat buah buni bagi kesehatan maka Anda dapat menyimaknya sebagai berikut :
1. Mencegah Kanker
Buah buni juga dimafaatkan sebagai buah yang memiliki fungsi antioksidan untuk pencegah kanker serta mencegah penuaan dini. Zat antioksidannya mampu membantu menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Mencegah Hipertensi
Buah buni juga ternyata bermanfaat sebagai antipertensi serta kesehatan jantung. Jika Anda mengkonsumsi secara rutin buah buni maka anda akan dijauhkan terkena tekanan darah tinggi dan kinerja jantung didalam tubuh anda itu akan lebih optimal lagi. Buah Buni juga bisa dimanfaatkan untuk penderita kurang darah (anemia).

3. Daya Tahan Tubuh
Vitamin C dosis tinggi pada buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah buni juga kaya akan serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya kanker usus (colon). Buah ini bisa dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam olahan makanan.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Selain buah Apel, ternyata buah buni juga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A didalamnya. Kandungan vitamin A yang ada didalam buah buni ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jadi buah buni bisa menjadi alternative lain bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi wotel ataupun buah apel. Selain itu, buah huni juga mampu mencegah terjadinya mata rabun dini. Buah huni bisa dimakan langsung atau menjadi makanan olahan.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh
Buah buni yang kaya akan gizi sangat bagus untuk tubuh dapat menjaga kekebalan tubuh sebagai antioksidan tubuh, mengkonsumsi buah buni saat sesudah dan selesai melakukan aktivitas yang berat sangat cocok, karena mampu menyegarkan tubuh yang kelelahan.

Nah, itulah beberapa khasiat buah buni yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia karena banyaknya nutrisi yang terkandung didalam buah mungil ini. Selain itu, untuk menunjang kebugaran tubuh Anda juga perlu melakukan olahraga teratur, semoga dengan artikel ini Anda bisa sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan