Inilah Uniknya 6 Manfaat Dari Buah Kesemek

0
9

GadoGadoAsin.com – Buah yang berasal dari Tiongkok ini memang sudah lama dikenal oleh rakyat Tiongkok. Kesemek, juga dikenal sebagai ‘Divine Fruit’ karena nama ilmiahnya berasal dari Yunani, buah ini tumbuh selama musim gugur. Banyak varietas dari buah ini yang dibudidayakan, buah ini memang sangat kaya akan manfaat. Buah kesemek memiliki segudang senyawa alami serta baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sebelum masuk ke Indonesia, buah tersebut memang menjadi salah satu buah-buahan populer di negara Jepang. Warga masyarakat Jepang sendiri juga sudah banyak yang mengonsumsinya,salah satunya dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.
buah kesemek
Sementara pohon buah kesemek sendiri tak hanya bisa ditanam di ladang saja, melainkan juga cocok ditanam pada halaman rumah kita. Karena pohon buah yang memiliki daun lebat dan tingginya mencapai 10 meter, membuat halaman rumah kita akan terlihat lebih sejuk dan rindang.

Kandungan Nutrisi Buah Kesemek

Buah dengan ragam manfaat ini, ternyata juga memiliki kandungan senyawa alami dan nutrisi yang cukup bervarian macamnya. Sehingga buah ini juga disarankan sebagai camilan sehat setiap hari.Buah kesemek mengandung senyawa alami seperti fruktosa, glukosa, Vitamin A, kalium, likopen, phytochemical lutein, betakaroten, serat polifenol, zat tanin, serta mengandung karbohidrat hingga 19,6 %. Maka tak heran jika buah kesemek cukup membantu dalam mencukupi asupan nutrisi tubuh anda.

Manfaat Buah Kesemek

Salah satu jenis buah eksotis yang patut untuk Anda coba saat ini adalah buah kesemek. Buah berwarna oranye ini ternyata tinggi akan manfaat kesehatan bagi tubuh anda diantaranya seperti berikut :
1. Menurunkan Berat Badan
Buah berukuran sedang berbobot sekitar 168 gram ini hanya menawarkan 31 gram karbohidrat. Buah ksemek juga hampir tidak memiliki lemak di dalamnya. Kedua faktor ini menjadikannya ‘teman’ yang ideal bagi anda yang ingin ngemil namun takut gemuk. Mengonsumsi kesemek bermanfaat untuk menurunkan berat badan sebab kaya akan serat. Sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan memuaskan rasa lapar Anda. Makan buah kesemek juga mampu mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan manis.

2. Mengatasi Sembelit
Kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Kesemek dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Termasuk mengobati masalah usus secara alami. Nikmati buah kesemek setiap pagi atau sebelum makan, agar sistem pencernaan mudah mencerna makanan dan menyiapkan kondisi usus yang sehat sebelum mencerna makanan yang masuk ke dalam usus atau sistem pencernaan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk anda jalani. Nah, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang maksimal, tentunya kita disarankan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi. Seperti halnya buah naga, buah jeruk, dan buah kesemek. Buah kesemek memiliki senyawa polifenol dan juga vitamin C. Vitamin C tersebut merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi, dan penting untuk dibutuhkan tubuh kita, begitu pun juga dengan senyawa polifenol.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes
Bagi anda yang menderita diabetes cenderung mengidam lapar, dan itu juga cukup sering. Menjadi kaya serat, buah ini dapat dinikmati oleh penderita diabetes untuk mengurangi tingkat rasa lapar. Buah ini juga dikenal mengatur kadar gula dalam darah.

5. Membantu Penyerapan Nutrisi
Tubuh membutuhkan bantuan agar nutrisi dapat terserap sempurna dari makanan yang kita konsumsi. Kandungan tembaga pada buah kesemek dapat membantu tubuh menyerap nutrisi berupa zat besi dari makanan. Zat besi sendiri bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. sedangkan kandungan kalium di dalam kesemek dapat bermanfaat untuk mengendalikan sistem saraf pusat serta kestabilan tekanan darah.

6. Menstabilkan tekanan darah
Senyawa alami yang terdapat di dalam buah kesemek, juga memiliki sifat sebagai senyawa untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan senyawa tersebut, buah ini sangat bermanfaat untuk seseorang yang mengalami gejala hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Untuk menghindari masalah hipertensi, sebaiknya penderita gejala darah tinggi disarankan mengonsumsi buah kesemek setiap hari.

Itulah beberapa manfaat buah kesemek jika anda mengkonsumsi buah kesemek. Dengan mengonsumsi buah kesemek ini secara rutin, maka kebutuhan nutrisi beta karoten pada tubuh akan tetap terjaga dengan stabil. Karena buah kesemek sudah diuji oleh studi pakar biologi, bahwa kandungan beta-karoten yang terdapat di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh. SEmoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat

Ajukan Pertanyaan