Inilah Manfaat Luar Biasa Dari Buah Apel Merah

0
14

GadoGadoAsin.com – Buah apel merupakan buah yang tidak hanya enak saat dimakan, tetapi juga buah ini mempunyai aroma wangi khas yang tersedia dalam berbagai varian jenis apel yang salah satunya adalah apel merah. Tidak sama seperti dalam sebuah dongeng kisah Putri Salju yang diceritakan bahwa saat dimakan apel merah ternyata beracun, namun nyatanya penelitian membuktikan bukan beracun tapi justru ada banyak manfaat apel merah yang luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda.
apel merah

Kandungan Nutrisi Apel Merah

Banyaknya manfaat apel merah untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan berbagai jenis nutrisi penting di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut penting untuk tubuh. Apel merah menyimpan banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, fitonutrien dan mineral. Tak heran banyak orang menyukai apel sebagai makanan pencuci mulut yang menyehatkan.

Selain nutrisi tersebut, buah apel merah juga mengandung nutrisi – nutrisi penting lainnya walaupun hanya dalam jumlah kecil per 100 gramnya. Beberapa diantaranya adalah serat dan potasium. Serat yang ada dalam 100 gram buah apel merah adalah sekitar 4,5 gram sedangkan untuk elektrolit potasium adalah sekitar 107 mg per 100 gram buahnya.

Buah apel merah juga memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Beberapa manfaat luar biasa tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Berat Badan
Manfaat apel merah ialah sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet dalam misi menurunkan berat badan. Serat maupun kalori yang terkandung dalam buah ini merupakan salah satu nutrisi yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Karena asupan dikurangi, timbunan lemak di area tubuh pun dapat terolah menjadi energi.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Dikarenakan cuaca saat ini yang tidak stabil, sistem kekebalan tubuh bisa seseorang menurun. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas secara optimal. Jika Anda mengkonsumsi buah apel merah setiap hari, Anda akan terbebas dari penyakit karena antioksidan pada buah apel merah membuat anda selalu sehat dan terasa bugar.

3. Mengobati Penyakit Asma
Orang yang mengindap penyakit Asma akan tersiksa, karena mengalami kesulitan dalam bernafas. Jika Anda ingin mengobatinya, cobalah memakan Apel Merah secara rutin dan telaten. Tentunya walapun dengan proses yang lama tetapi dapat tersembuhkan. Pasti Anda heran kenapa bisa begitu? Karena kandungan fitokimia, serta polifenol di dalamnya mampu mengobati gejala asma.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Buah apel memang kaya akan vitamin A dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata serta mencegah penyakit katarak. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah apel merah setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan mata agar penglihatan mata lebih jelas dan jernih.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer
Manfaat selanjutnya dari apel merah adalah mencegah penyakit alzheimer. Sebuah percobaan terhadap tikus yang diberi makan buah ini menyimpulkan bahwa kandungan flavonol quercetin dalam buah ini dapat mengobati bagian sel saraf yang terkena dampak alzheimer. Bahkan, zat tersebut mempunyai performa lebih baik dibandingkan dengan vitamin C. Manfaat apel merah juga dapat mencegah penuaan otak jika dikonsumsi secara teratur.

Sebelum mengkonsumsi buah apel merah ini, Anda harus memastikan untuk mencucinya selama kurang lebih 10-15 menit sehingga lapisan lilin di bagian terluar apel hilang. Apabila dimasak untuk dikonsumsi, kandungan polifenol dari buah ini akan hilang. Demikianlah kandungan nutrisi dan manfaat apel merah untuk kesehatan. Semoga info ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan